Peran Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Mutu dan Jumlah Informasi (E)

Peran Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Mutu dan Jumlah Informasi

Seiring perkembangan waktu dan zaman,semakin besar pula perkembangan teknologi informasi yang notabennya efektif serta menghadirkan inovasi-inovasi baru. Dengan perkembangannya yang begitu pesat banyak perusahaan-perusahaan serta organisasi yang memanfaatkan pengelolaan teknologi informasi.

Peran dan penerapan teknologi pun sangat dibutuhkan mulai dari sektor bisnis bahkan publik. Namun ada faktor aspek perilaku pengguna Seperti yang dikemukan Morgan (1996) dalam Syam (1999); Martin dan Merle.P (1995), menyatakan bahwa penggunaan TI bagi suatu perusahaan ditentukan oleh banyak faktor, salah satu diantaranya adalah karakteristik pengguna TI.Berdasarkan aspek keprilakuan pengguna (user) yang juga turut mempengaruhi persepsi dan sikap dalam menerima penggunaan TI.

Menurut Goodwin (1987); Silver (1988); dalam Adam.et.al (1992) ,intensitas penggunaan dan interaksi antara pengguna (user) dengan sistem juga dapat menunjukkan kemudahan penggunaan. Kemudahan penggunaan akan mengurangi usaha (baik waktu dan tenaga) seseorang didalam mempelajari komputer. Perbandingan kemudahan tersebut memberikan indikasi bahwa orang yang menggunakan TI bekerja lebih mudah dibandingkan dengan orang yang bekerja tanpa menggunakan TI (secara manual).

Peran teknologi informasi adalah memberikan layanan kepada masyarakat salah satunya dalam bidang akademik, perguruan tinggi. Perguruan tinggi merupakan satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi dimana peserta didiknya disebut mahasiswa, sedangkan dosen merupakan sebutan untuk tenaga pendidik perguruan tinggi. Dalam memajukan pembangunan bangsa diperlukan sarana pusat informasi sebagai sumber belajar yang dikelola secara baik serta memungkinkan pengambilan informasi dengan cepat dan efisien, sehingga memudahkan para pengguna dan pencari informasi, serta dapat meningkatkan keamanan data tersebut.

Contoh studi kasus yang mengambil peran Teknologi Informasi dalam peningkatan mutu dan jumlah informasi pada : “Sistem Informasi Peminjaman Penggunaan Ruangan pada STMIK STIKOM Bali”

Latar belakang :
Untuk memudahkan pengguna saat pepeminjaman kelas secara praktis tanpa harus dilakukan secara konvesional yang penanganannya cukup lambat dalam pencarian informasi. Salah satu solusi mengatasi hal tesebut yaitu dengan menerapkan suatu system informasi peminjaman penggunaan ruangan pada Perguruan Tinggi, karena system ini memiliki kelebihan dalam pengolahan data tentang informasi ruangan yang sudah terpakai dan belum terpakai pada suatu Perguruan Tinggi.

Penggunaan alur kerja peminjaman penggunaan ruangan yang masih manual menyebabkan bagian sarana dan prasarana STIKOM Bali yang menangani proses peminjaman ruangan mengalami berbagai kendala, seperti: nama ruangan, jadwal penggunaan ruangan, waktu penggunaan ruangan, ijin/arsip penggunaan ruangan serta history laporan penggunaan ruangan yang masih dilakukan secara manual sehingga menyebabkan sering hilangnya data peminjaman ruangan dan hal tersebut menjadikan informasi kurang akurat dan maksimal. Oleh karena itu dibangun sebuah kerangka kerja sistem informasi peminjaman penggunaan ruangan, yang dikembangkan berbasis Zachman Framework.

Analisa Kebutuhan Data dan Proses:
Analisis ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan yang akan dipenuhi.

Perancangan tampilan digunakan untuk merancang tampilan input/output yang diperlukan.
Oleh karena itu berikut alur tampilan peminjaman :

Alur peminjaman melalui sistem

  1. Pertama, karyawan melakukan login dengan memasukkan username dan password.
    2

  2. Jika belum terdaftar, karyawan diharapkan untuk melakukan penginputan data karyawan.
    3

  3. Setelah sudah terdaftar, karyawan dapat login dan memasukkan dan menyimpan data peminjaman ruangan.
    4

  4. Data yang telah diinputkan kemudian disimpan menjadi satu dalam peminjaman ruangan.

Kesimpulan:
Pada tahap analisa kebutuhan telah dicapai berupa analisa kebutuhan data dan analisa
kebutuhan proses serta konfigurasi jaringan komputer.
2. Aplikasi yang dibuat menghasilkan sistem informasi peminjaman ruangan dengan
tampilan yang menarik.
3. Aplikasi yang dibuat mampu menghasilkan data yang telah diinputkan laporan
peminjaman
4. Aplikasi yang dibuat mampu meningkatkan mutu dan jumlah informasi kepada
pengguna
5. Mampu menghasilkan informasi yang akurat serta praktis bagi pengguna

Sumber :
http://www.pnri.go.id/magazine/implementasi-teknologi-informasi-sebagai-usaha-peningkatan-mutu-layanan-perpustakaan/

http://www.infodiknas.com/wp-content/uploads/2014/05/PERANAN-TEKNOLOGI-INFORMASI-DALAM-PENINGKATAN-PELAYANAN-DI-SEKTOR-PUBLIK.pdf

Anggota :
Debrilla Ivanadya Pang
Theresiana Emiliana Boleng
Dewa Gede Davinda Permana
Denis Mafira Ramdhan