Peran Orangtua Dalam Pengembangan Diri Anak

[ Peran Orangtua Dalam Pengembangan Diri Anak ]

Oleh : Najma Tsakiba

Menurut kalian, peran orangtua dalam pengembangan diri anak itu sangat penting atau tidak?

Menurutku, itu sangat penting.

Aku mengajari anak-anak di kampungku. Hm, mereka pernah ditanya seperti ini, “Kalau di rumah belajar lagi nggak?”, ada yang bilang nggak.

Ya, rata-rata orangtua mereka kurang peduli dengan pendidikan anak-anak mereka.

Mereka sayang sama anak mereka, tapi cara sayang mereka salah. Seperti jika ada anak yang tidak mau disuruh untuk belajar, biasanya kalau anak-anak tidak mau belajar dia akan menangis, dan orangtua hanya menuruti saja. Jadi ya, mereka gak jadi belajar.

Gimana tips biar anak gak bosan saat belajar? Orangtua bisa membuat proses belajar anak menjadi menyenangkan, seperti dibuat games atau sebagainya.

Menurut kalian bagaimana?

Sama sih kak, saya setuju banget akan hal itu. karena orangtua merupakan pendidikan pertama dan ibu khususnya merupakan madrasah pertama dalam perkembangan anak tersebut.Keberhasilan anak merupakan cerminan keberhasilan orang tua dalam mengasuh dan membimbing mereka. Tapi jangan jadi patokan juga, karena ada juga yang dari dulu asuhan orng tua nya baik, eh gede nya jadi kurang baik. Biasanya itu pengaruh lingkungan, hal ini juga penting karena setelah orng tua, pendidikan kedua paling penting adalah faktor lingkungan atau teman. Pernah dengar bukan, bahwa seseorang di lihat sifatnya atau keadaan nya dari teman terdekat nya. Hal tersebut sepaket ketika ingin membentuk anak atau apapun di masa yang akan datang.
Mungkin itu dulu kak, terima kasih