Peran & Makna Warna Dalam Lukisan Abstrak


(HARRY BALI KUSUMA) #1

Selintas melihat lukisan diatas, segera dapat kita tebak bahwa kalau lukisan tersebut merupakan lukisan abstrak, tidak jelas, bahkan di dalam lukisan tersebut juga, hanya warna saja yang di padukan hingga memebentuk sebuah lukisan yang menarik dan indah. Kata Abstrak sendiri berarti tidak berwujud atau tidak realis. Bentuk abstrak adalah bentuk yang tidak menampilkan rupa yang kita kenali sebagai rupa benda atau objek yang kita lihat dalam kenyataan sehari-hari. Bentuk abstrak merupakan bentuk imajinasi dari setiap orang seniman.

Dalam seni lukis, warna sangatlah penting untuk membuat lukisan tersebut menjadi menarik, indah, menawan, dan sempurna bahkan luar biasa dan dapat di nikmati serta di minati oleh banyak orang yang sangat menyukai seni khususnya seni grafis. Pengertian warna dalam bahasa adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer. Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer.

Di dalam ilmu warna, ada tiga jenis warna yaitu warna primer, warna sekunder dan warna tersier. Warna hitam dianggap sebagai ketidakhadiran seluruh jenis gelombang warna. Sementara putih dianggap sebagai representasi kehadiran seluruh gelombang warna dengan proporsi seimbang.

Berikut ini beberapa pengertian warna dalam seni lukis:

Warna hangat
Warna hangat adalah warna bermakna berani dan energik. Menghangatkan maksudnya adalah orang-orang yang cenderung berfikir atau bergerak maju. Jika perlu elemen pop out dalam seni lukis, pertimbangkan untuk menggunakan pengertian warna hangat di dalamnya seperti warna berwarna kuning, orange, cokelat dan hijau kekuningan dan merah muda.

Warna dingin
Warna dingin memberikan kesan tenang. Warna tersebut jarang mengalahkan pesan atau subjek utama dari sebuah seni lukis. Pengertian warna dingin yakni cenderung tampak surut atau kelihatan jauh. Jika unsur seni lukis harus dilatar belakangi nada dingin, maka warna dingin akan berwarna biru, hijau, pink, ungu, hijau kebiruan dan merah kebiruan.

Hue
Setiap warna individu pada roda warna adalah rona dalam seni lukis. Misalnya, merah, hijau, biru, oranye, ungu. Hue mengacu pada apapun dalam pilihan warna pelangi.

Nilai dan Kecerahan
Nilai dan kecerahan mengacu pada kualitas terang atau warna gelap. Para darks adalah nilai rendah atau membosankan. Lampu (highlight) mengacu pada nilai tinggi atau terang.

Tints
Warna ini disebut ketika warna putih ditambahkan dalam seni lukis. Misalnya dengan menambahkan putih ke merah, untuk membuat warna merah muda.

Naungan
Warna ini cenderung lebih gelap dari nilai normal, biasa disebut sebagai peneduh. Contoh, hijau biru atau dalam nuansa gelap.

Saturasi
Saturasi adalah ukuran dari kemurnian warna dan kecemerlangan.

Warna monokromatik
Pikirkan gambar hitam putih. Ini adalah monokromatik meskipun ada beberapa warna abu-abu. Monochromes menawarkan sedikit kontras. Dengan kata lain, kurang kontras.

Warna komplementer
Warna komplementer adalah pengertian warna yang berseberangan pada roda warna dalam seni lukis. Secara umum, komplementer berarti bekerja sama dengan baik. Merah dan hijau berhubungan satu sama lain pada roda warna. Sebaliknya, uncomplimentaries dalam seni lukis dapat merusaknya. Jika tidak yakin dengan pengertian warna, pilihlah warna sendiri untuk lukisan anda, lihat saja roda warna dan memilih warna berlawanan.