Peran business communication bagi perusahaan dalam menghadapi Era Digital saat ini?

bg-1200
Sumber foto

Pekembangan teknologi dan komunikasi pada era ini sangat berkembang pesat. Peran business communication bagi suatu perusahaan dalam menghadapi era saat ini merupakan suatu hal yang lumayan sulit untuk dijalankan, tetapi tidak menutup kemungkinan juga mudah dijalankan. Kehadiran digital pada era saat ini juga tidak bisa kita hindari, apalagi bagi sebuah perusahaan. Digital pada era saat ini sangatlah penting bagi sebuah perusahaan. Peran digital business communication bagi perusahaan pada era ini yaitu, sangat membantu anggotanya dalam menerima sebuah informasi dengan sangat cepat, serta dengan adanya digital ini, pertukaran pesan antar perusahaan sangatlah mudah dan cepat. Dengan mudah dan cepatnya suatu informasi ataupun pesan yang ingin dikirim dan disampaikan, akan membangun sebuah keharmonisan dalam lingkungan pekerjaan, juga dapat mempercepat sampai kepada tujuan yang diharapkannya.

Pada era digital saat ini juga, suatu ide sangat gampang untuk didapatkan, apalagi dengan adanya internet dan media sosial. Keterlibatan digital ini merupakan suatu hal yang penting, karena dengan adanya internet dan media sosial, perusahaan lebih gampang untuk menerima sebuah kritik dan saran dari customer atas produk atau jasa yang meraka buat. Kritik dan saran itu akan menjadikan perusahaan tersebut lebih baik lagi kedepannya.
Nah, kalo menurut pandangan kalian bagaimana peran business communication pada perusahaan dalam menghadapi era digital saat ini?

Referensi: Dian Amintapratiwi Purwandini, Irwansyah. (2018). KOMUNIKASI KORPORASI PADA ERA INDUSTRI 4.0. Jurnal Ilmu Sosial, 53-63.

Corporate communication dalam praktiknya dalam memanfaatkan media digital, secara strategis harus memiliki dan menggabungkan empat karakteristik yang meneyeluruh, yakni Pertama strategic , ialah komunikasi didesain untuk memengaruhi hasil bisnis, Kedua integrated perusahaan menggunakan internet sebagai bagian dari perencanaan komunikasi yang lebih luas, Ketiga targated menggunakan internet berdasarkan keuntungan kelebihan yang dimiliknya dibandingkan dengan bentuk komunikasi lainnya untuk menjangkau target audience yang spesifik dan Keempat measurble ialah perencanaan tersebut termasuk sarana yang dapat digunakan untuk menilai efektivitas usaha komunikasi yang telah dilakukan. Memasukan pengukuran dalam perencanaan komunikasi yang strategis memastikan bahwa pengembalian investasi perusahaan pada suatu program diukur. Hal ini juga dapat menjadi sarana untuk membuktikan kesuksesan usaha corporate communication secara strategis. Komunikasi dengan menggunakan media digital pada saat ini yang dimanfaatkan oleh corporate communication dengan tujuan untuk melalukan persuasi terhadap target audience, dengan tujuan mendorong publik target audience agar memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

References: https://m.kumparan.com/amp/firgi-nurdiansyah/komunikasi-perusahaan-di-era-digital-1vE3xEsCsjh