Peralatan yang harus disiapkan untuk diving


(Alex Pratama) #1

Diving adalah hal yang menyenangkan ketika kita menyelam ke bawah laut dan melihat pemandangan mulai dari ikan, terumbu karang, dan hewan laut lainnya. Akan tetapi tidak semua orang tau peralatan apa saja yang harus disiapkan ketika ingin melakukan diving. Jika saya merupakan pemula dan ingin diving, apa saja peralatan yang harus disiapkan?


(Evita Oktaviana ) #2

Capture

Menyelam merupakan aktivitas yang menyenangkan dan menjadi hobi bagi beberapa orang. Selain menjadi hobi, bagi orang-orang tertentu menjadi profesi seperti tim SAR selam, tukang las pipa bawah laut (underwater welding), dan tentara pasukan katak. Sebagai makhluk yang hidup di darat, manusia membutuhkan beberapa alat untuk dapat menyelam di dalam laut. Inilah peralatan yang dibutuhkan untuk menyelam. Ada berbagai macam merk alat selam seperti alat selam Mares, Scubapro, Aqualung, dan Amscud. Jika Anda ingin membeli alat selam pilihlah toko yang menjual alat selam yang berkualitas. Jangan membeli alat selam pada orang yang jual alat selam bekas karena dapat membahayakan keselamatan Anda ketika menyelam.

Berikut beberapa peralatan yang harus disiapkan ketika traveler ingin melakukan diving:

1. Mask atau Masker

Sebagai manusia yang diciptakan untuk hidup di darat bukan di air tentunya membutuhkan alat untuk melindungi mata dari air agar dapat melihat jelas di bawah permukaan air.

2. Regulator

Regulator Selam adalah sebuah alat yang berfungsi mengalirkan udara ke mulut saat bernafas di dalam air. Penggunaan alat ini adalah dengan bernafas melalui mulut.

3. Wetsuit atau Drysuit

Wetsuit atau drysuit adalah pakaian yang digunakan untuk menyelam. Penggunaannya tergantung pada lokasi penyelamannya apakah cold water atau warm water. Pada warm water, wetsuit yang digunakan menggunakan bahan yang berlapis neoprene rubber. Bahan ini tidak waterproof atau anti air sehingga air dapat tembus. Drysuit digunakan pada cold water bahan yang digunakan adalah waterproof sehingga tubuh terlindungi dari dinginnya air saat menyelam.

4. Bouyancy Compensation Device (BCD)

Bouyancy Compensation Device adalah semacam jaket yang dapat diisi dengan dialiri udara. Fungsi Bouyancy Compensation Device adalah untuk membantu penyelam saat akan menuju permukaan air. Saat BCD ini mengembang tubuh penyelam akan terangkat ke permukaan air.

5. Weight belt/Integrated Weights

Sebenarnya saat seseorang masuk atau berenang di laut, berat jenis air laut lebih besar dibandingkan berat jenis tubuh manusia sehingga untuk menyelam membutuhkan alat pemberat. Alat ini disebut weight belt semacam ikat pinggang besar yang terbuat dari logam.

6. Fins atau Kaki Katak

Fins atau Kaki Katak ini dibutuhkan oleh penyelam untuk mempercepat gerakan saat berenang di dalam air. Semakin besar, panjang, atau lebar ukuran fins semakin cepat gerakan di dalam air.

7. Gauges

Gauges Selam adalah indicator yang menunjukan jumlah udara oksigen yang ada di dalam tabung. Selain itu juga menunjukan kedalaman, kompas, tekanan udara, dan suhu udara saat menyelam.

8. Dive Computer

Dive Computer berfungsi untuk menunjukan tekanan udara, kedalaman air, dan suhu udara. Alat ini menjadi petunjuk berapa lama seorang penyelam dapat bertahan di dalam air.

9. Torch atau Senter

Semakin dalam menyelam di laut maka semakin gelap karena cahaya matahari semakin sedikit yang masuk ke dalam air. Oleh sebab itu, penyelam membutuhkan senter selam untuk menerangi saat menyelam.

10. Tank atau Tabung Udara

Tabung udara ini digunakan untuk bernafas di dalam air. Tabung ini mempunyai berbagai jenis ukuran tergantung berapa lama seorang penyelam akan menyelam. Isi tabung adalah campuran udara yang dibutuhkan oleh paru-paru untuk bernafas.

11. Sertifikat Menyelam

Tidak sembarang orang dapat menyelam. Seorang penyelam professional adalah seorang yang sudah mengikuti pelatihan menyelam dan lulus ujian seperti sertifikat menyelam.