Peralatan untuk Merakit Gunpla Model Kit untuk pemula

Buat kamu yang baru saja terjun ke hobi merakit gunpla alias gundam plastic model, panduan di bawah ini cocok sekali untuk disimak. Sebenarnya merakit gunpla sangatlah mudah dan sederhana, namun jika kamu ingin mendapatkan hasil yang bagus dan rapih maka kamu membutuhkan peralatan yang tepat.


Untuk itulah saya membuat daftar tools alias alat apa saja yang digunakan untuk merakit gunpla agar hasilnya tidak mengecewakan, silakan disimak!

  1. Side Cutter/Nipper

Istilah sederhana nya adalah tang potong, fungsinya jelas untuk memotong dan memisahkan part gunpla dari runner. Alat ini bisa didapat di toko hardware atau perkakas dengan harga mulai dari 20 ribu rupiah, kamu bisa membeli tang potong kabel jika ingin berhemat, namun umur pemakaiannya jelas tidak bisa terlalu lama. Alternatif lain jika kamu pribadi yang memang sangat irit adalahmenggunakan pemotong kuku, namun saya jamin hasilnya pasti cukup buruk.

  1. Pen Cutter
    Berfungsi untuk merapikan sisa potongan runner yang tersisa di permukaan part gunpla, sesuai namanya, alat ini berbentuk seperti pena yang ujungnya adalah pisau tajam. Kebanyakan dari penghobi gunpla di Indonesia memakai merk SDI karena harga yang terjangkau dan dijual di banyak tempat.

  2. Cutting Mat
    Yakni alas untuk memotong sisa runner seperti yang disebutkan di atas tadi. Bisa dibilang ini adalah jodoh dari pen cutter. Tentu kita tidak mau melukai meja kerja atau meja belajar saat memotong menggunakan pen cutter di atas permukaannya. Untuk itulah alat ini diperlukan.

  3. Amplas
    Alat yang sangat umum ini biasa digunakan untuk merapikan hasil potongan dari pen cutter, saya sendiri biasanya membeli di toko bangunan terdekat. Terdapat kode angka seperti 600, 800, 1000, dan lain-lain, semakin besar angka maka semakin halus amplas tersebut.
    image

  4. Gundam Marker
    Fungsinya untuk menambahkan detail dengan cara melakukan panel lining, yakni menarik garis dengan gundam marker di celah atau garis sempit pada permukaan tools gunpla. Metode ini sangat cocok untuk para pemula, karena alat yang sederhana ini dapat membuat gunpla milikmu menjadi lebih sedap dipandang,
    image

  5. Top Coat Spray
    Alias cat semprot untuk melapisi gunpla yang sudah dirakit. Istilah lainnya ini adalah semacam cat pelapis atau pernis yang berfungsi melindungi permukaan gunpla. Ada dua tipe dari top coat ini, yakni glossy finish dan matte/doff. Dengan glossy finish kamu akan mendapatkan permukaan gunpla yang mengkilat dan licin, sementara doff/matte memiliki hasil sebaliknya.

Referensi:
Peralatan untuk Merakit Gunpla Model Kit untuk pemula

Terima kasih telah berbagi,Untuk alat-alat diatas sudah menjadi hal yang wajib dimiliki bagi para peng hobby model kit,akan tetapi ada pula alat-alat lain yang tidak wajib tapi lebih memudahkan,seperti :

  1. Air brush
    2.Template
    3.Oil Colour

:smiley:Semoga bermanfaat