Penyebab utama rambut menjadi lepek

Penampilan yang memukau tentunya didukung oleh gaya rambut yang on point. Namun sayangnya, tidak semua orang dianugerahi rambut indah tanpa masalah. Salah satu masalah yang paling sering dialami adalah rambut yang mudah lepek.

Berikut penyebab rambut lepek yang dilansir dari popbela.com Coba simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Iklim tropis di Indonesia
    Udara di Indonesia yang cenderung panas menjadi salah satu penyebab rambut menjadi mudah lepek. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan melindungi kepala dari panas sinar matahari secara langsung. Pastikan juga kamu selalu menyediakan dry shampoo untuk menyerap minyak berlebih.

  2. Terlalu sering disisir
    Buat kamu yang sering menyisir rambut, mungkin kamu bisa mengurangi hal ini. Pasalnya, menyisir rambut terlalu sering merangsang minyak alami di rambut untuk keluar.

  3. Terlalu banyak mengonsumsi lemak
    Mengonsumsi makanan berlemak tinggi ternyata memiliki banyak dampak yang nggak baik untuk tubuh lho. Selain dapat membuat rambut jadi mudah lepek, konsumsi makanan berlemak tinggi juga jadi penyebab obesitas dan kolestrol.

  4. Menggunakan kondisioner dari akar rambut
    Kecuali kamu punya rambut yang sangat kering, sebaiknya aplikasikan kondisioner cukup dari tengah hingga ujung rambut. Mengaplikasikannya dari akar hanya akan membuat rambutmu jadi lebih berminyak dan bisa menimbulkan ketombe.

  5. Menggunakan sampo yang salah
    Salah satu penyebab paling umum rambut yang mudah lepek adalah penggunaan sampo yang nggak sesuai. Jika rambutmu kering, coba pilih sampo dengan label moisturizing agar rambut tetap lembap. Jika rambutmu mudah berminyak, pilihlah sampo yang formulanya ringan dan dapat membersihkan minyak di kulit kepala.

Sumber: