Penyebab munculnya jerawat pasir

Secara fisik sebenarnya jerawat pasir itu tidak ada bedanya dengan jerawat biasa. Kandungannya pun sama-sama berisi nanah sebagai hasil dari lemak dan kotoran yang mengendap di wajah. Karakter utama yang membedakan keduanya adalah jumlahnya yang memang datang secara beramai-ramai sehingga mengganggu penampilan. Apa saja penyebab sehingga muncul nya banyak dan beramai-ramai?

image

Penyebab timbulnya jerawat di wajah pada umumnya ialah karena debu penyebab jerawat, kotoran, minyak, keringat, dan pori-pori kulit yang tersumbat. Kondisi demikian dapat memicu bakteri untuk menginfeksi dan menyebabkan jerawat. Berikut ini ialah beberapa penyebab jerawat pasir:

1. Komedo

Anda pasti tidak asing dengan komedo. Penyebab komedo di wajah ialah karena terjadinya penumpukan minyak berlebih yang dikeluarkan oleh kelenjar minyak pada pori-pori kulit. Hal ini akan menimbulkan benjolan kecil yang nampak di wajah, yakni komedo. Komedo dapat menjadi penyebab utama jerawat pasir. Ada banyak cara yang dapat anda lakukan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami, seperti misalnya cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya.

2. Sel kulit mati

Sel kulit mati merupakan salah satu yang dapat menyebabkan komedo semakin meradang sehingga berubah menjadi jerawat. Sel kulit mati pada wajah dapat diakibatkan karena adanya bekas luka, bekas jerawat, dan paparan sinar matahari. Sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit sehingga minyak dan kotoran akan terperangkap di dalam pori-pori. Selanjutnya, kondisi ini sangat mendukung perkembangan bakteri sehingga timbulah jerawat.

Untuk menghindari penumpukan sel kulit mati, gunakanlah pembersih wajah alami serta konsumsilah banyak buah-buahan yang dapat meregenasi sel kulit mati, seperti manfaat timun bagi jerawat, manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat, dan manfaat jeruk nipis untuk jerawat.

3. Frekuensi mencuci wajah

Mencuci wajah memang baik dan harus dilakukan secara rutin. Akan tetapi, bila terlalu sering mencuci wajah maka juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat pasir. Saat mencuci wajah, terjadi gesekan antara tangan dengan kulit. Apabila terdapat komedo, gesekan terlalu sering dapat membuat komedo teriritasi sehingga berpotensi untuk menjadi jerawat.

Selain itu, sabun pencuci wajah dapat membuat wajah kehilangan kelembaban sehingga kulit menjadi kering, tipis, dan mudah terjadi iritasi. Kulit yang sensitif ini menjadi rawan apabila terdapat kotoran dan terinfeksi bakteri penyebab jerawat. Bekas kulit yang teriritasi juga akan menutupi pori-pori kulit dan membuat minyak serta kotoran di dalamnya mejadi jerawat pasir.

Sumber