Penyebab bulu mata rontok dan cara mengatasinya

Banyak wanita yang menginginkan memiliki bulu mata lentik dan indah. Biasanya menggunakan maskara atau bulu mata palsu untuk meningkatkan penampilan. Namun terkadang masalah seperti bulu mata rontok pun dapat terjadi.

images (11)

Rontoknya bulu mata bisa terjadi karena beberapa faktor:

  • Faktor usia
    Seiring bertambahnya usia kita, bulu mata pun perlahan akan rontok dan terlihat lebih pendek.

  • Faktor asupan gizi
    Apa saja yang biasanya kamu konsumsi? Kalau sering jajan sembarangan yang kandungan dalam makanannya nggak jelas, jangan heran kalau bulu mata kamu rontok.

  • Paparan bahan kimia
    Sering mengaplikasikan sesuatu yang mengandung bahan kimia juga bisa menjadi penyebab bulu mata rontok. Misalnya dari pemakaian maskara atau pengeritingan bulu mata.

  • Faktor psikologis
    Stres atau depresi juga bisa jadi faktor bulu mata kamu rontok. Untuk mengatasinya, kamu bisa pergi liburan ke tempat-tempat seru bersama para sahabat tersayang.

  • Sering mengucek mata
    Kamu tentu pernah mendengar kalau mengucek mata bisa menimbulkan efek nggak baik. Efek tersebut rupanya juga bisa menyerang bulu mata yang menjadi rontok.

Cara mengatasi bulu mata yang rontok:

  • Menjaga kebersihan mata.
    Sesampainya di rumah setelah beraktivitas, jangan menunda-nunda untuk membersihkan wajah, termasuk area mata. Pastikan bulu mata kamu bebas dari makeup selama kamu beristirahat. Selain itu, hentikan juga kebiasaan mengucek mata. Karena kotoran pada tangan yang digunakan mengucek mata juga bisa menyebabkan bulu mata rontok.

  • Mengatasi bulu mata rontok dengan kemirin.
    Cara alami ini sudah cukup dikenal sejak bertahun-tahun lalu. Caranya, tumbuk halus kemiri yang sudah dibakar, lalu oleskan pada bulu mata dengan hati-hati. Setelah 1 jam, bilas dengan air sampai bersih. Kemiri bermanfaat untuk menjaga kesehatan bagian-bagian berambut di seluruh tubuh.

  • Berhati-hati dengan makeup untuk mata.
    Coba cek makeup yang kamu punya, khususnya untuk bagian mata. Kalau ada makeup yang sudah kadaluarsa, tidak perlu berpikir berkali-kali untuk membuangnya (walaupun harganya mahal). Karena makeup yang kadaluarsa punya banyak dampak buruk jangka panjang, seperti kanker. Di samping itu, pilihlah makeup yang mengandung protein, vitamin, dan growth agents supaya bulu mata kamu tetap ternutrisi.