Penyebab BAB berbusa dan berbuih

cebok_20170708_134241
Jangan sepelekan BAB berbusa, karena hal ini bisa jadi tanda dari suatu gangguan kesehatan tertentu. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja termasuk bayi dan anak-anak. Lalu, apa saja penyebab dari BAB berbusa?

Penyebab
Penyebab bab berbusa dapat dibagi menjadi dua yaitu pada anak dan orang dewasa tetapi memiliki efek samping yang sama misalnya perut mulas dan tinja terlihat lunak.

1.Pada anak anak

• Karena ASI
Pada bayi yang mendapatkan program ASI eksklusif tanpa adanya pemberian makanann tambahan maka bayi akan mengalami sakit perut dan tinja yang berbusa ketika buang air besar. Kondisi ini wajar dan tidak berbahaya karena jaringan pencernaannya sedang beradaptasi pada ASi itu sendirinya.

• Makanan pedas
Ibu yang masih menyusui tetapi sering mengkonsumsi makanan yang bercita rasa poedas dan asam dapat menyebabkan ASI terkontiminasi dan menyebabkan jaringan usus bayi mengalami luka. Usus bayi sangat peka, Mudah iritasi dan rentan menjadi rusak efek pedas atau asam yang notabennya belum cocok untuk masuk pada jaringan perut mereka.

• Makanan setengah matang
Perlu diwaspadai jika ibu masih menyusui bayinya secara eklusif sebaiknya untuk sementara waktu tidak mengkonsumsi makanan apapun dalam bentuyk setengah matang atau mentah. Manan jenis itu dikhawatirkan mengandung bakteri, Kuman Virus atau mikroba yang bisa mengendap dan berkembang biak didalm ASI lalu menginfeksi saluran pencernaan bayi yang menyebabkan bab berbusa.

  1. Pada orang dewasa

• virus atau bakteri
Diare seringkali muncul menyerang manusia akibat masuknya virus atau bakteri penyebab diare jenis salmonella yang mengalir kedalam saluran pencernaan termasuk pada usus yang mengititasi dinding usus sehingga mempengaruhi kinerja sistem pencernaan yang menyebabkan munculnya penyebab bab berbusa.

• Keracunan makanan
Makanan basi atau yang telah terkontiminasi dengan udara kotor atau benda benda logam halus yang kasat mata akibat proses radikal bebas jika masuk kedalam organ pencernaan maka dapat menyebabkan pewradangan dan menurunkan kualitas kinerja sistem pencernaan yang menyebabkan munculnya penyebab bab berbusa.

• Radang usus
Radang usus disebabkan karena infeksi saluran pencernaan yang menyebbakan peradangan hebat dan usus mengalami luka yang akhirnya menimbulkan tukak pada diding usus besar, Jika tidak segera diobati maka dapat menyebabkan munculnya penyebab bab berbusa atau berbuih.