Penyakit apa saja yang sering menyerang pada leopard gecko?

image

Gecko merupakan satwa karnivora yang hanya memakan hewan lain, khususnya serangga. Terdapat berbagai macam makanan leopard gecko yang bisa Anda berikan; seperti jangkrik, ulat hongkong, atau bayi tikus alias pinkies. Anda harus menyesuaikan jenis makanan dengan ukuran si gecko, dengan aturan ukuran mangsa harus lebih kecil dari jarak antara kedua mata gecko di masing-masing sisi kepala. Anda bisa memberi mangsa dalam kondisi setengah mati, namun lebih baik jika diberikan dalam keadaan hidup agar si gecko aktif bergerak mengejar mangsa yang ditawarkan.

Terdapat beberapa penyakit yang umum diderita oleh Leopard Gecko, antara lain:

  • Metabolic Bone Disease (MBD), merupakan penyakit yang disebabkan karena kurangnya asupan kalsium dan vitamin D3. Gecko yang terkena penyakit ini terlihat lemah, tulang yang rapuh, keanehan pada pertumbuhan kaki/punggung/ekor, tubuh yang kaku atau bergetar, serta turunnya nafsu makan. Sulit sekali mengembalikan kondisi gecko yang terkena penyakit ini.

  • Dycedisis, merupakan penyakit yang sering muncul pada reptil. Penyakit ini disebabkan oleh kegagalan berganti kulit akibat kurangnya kelembapan atau faktor-faktor lain. Kulit yang harusnya terlepas bisa tersangkut di beberapa bagian tubuh, seperti mata, tungkai, atau sebagian ekor. Tanpa penanganan, penyakit ini bisa menyebabkan infeksi yang serius.

  • Pneumonia, penyakit paru-paru akibat kelembapan udara yang terlalu tinggi. Kondisi kandang yang becek atau terlalu kecil bisa menyebabkan munculnya penyakit ini. Gejala yang sering timbul antara lain munculnya gelembung lendir di bagian hidung, serta frekuensi bernafas yang aneh dan berat

  • Gastoenteritis, disebabkan oleh bakteri atau protozoa yang menginfeksi saluran pencernaan gecko. Leopard gecko yang terserang menunjukan gejala diare, dengan kotoran yang basah atau bahkan berdarah (kotoran leopard gecko yang sehat kering dan padat). Penyakit ini bisa disebabkan oleh sanitasi kandang yang kurang baik. Bila tidak ditangani, gecko bisa terkena dehidrasi, ogah makan, dan akhirnya mati.