Penyakit apa saja yang dapat menyerang ikan manfish ?

Ikan manfish

Ikan manfish atau yang lebih dikenal dengan angelfish atau freshwater angelfish, punya
nama latin Pterophyllum scalare. Ikan manfish punya jumbai panjang seperti tali yang
tersambung dengan sirip, sirip yang memanjang ke atas, dan sekilas bentuknya seperti
segitiga.

Penyakit apa saja yang dapat menyerang ikan manfish ?

Penyakit yang bisa menyerang manfish antara lain :

  1. LCK, yaitu sejenis parasit dan manfish sangat rentan terkena penyakit ini. Hal ini disebabkan oleh air yang tidak bersih, kondisi akuarium yang terlalu padat, dan pola makan yang tidak sehat.

  2. Gastric cryptosporidiosis, yang disebabkan disebabkan oleh kondisi air yang kurang bersih.

  3. Berbagai jenis cacing bisa menjadi hama bagi ikan manfish, seperti cacing jarum dan cacing insang.

  4. Berbagai jenis ikan hias yang agresif, juga bisa menjadi hama bagi ikan manfish. Contohnya adalah ikan parrot, lohan, arwana dan piranha.

  5. Luka borok pada ikan, karena ikan manfish stress dan menabrakan diri ke bagian akuarium yang keras. Bisa juga karena serangan kutu.

  6. Sisik menggembung, karena bakteri akibat kondisi air yang kurang baik.

  7. Kondisi bagian tubuh ikan yang membusuk, atau timbul bercak-cercak.

  8. Mata yang berkabut, biasanya disebabkan oleh virus.

Sumber : Loading...

Manfish dikenal cukup peka terhadap serangan penyakit, sehingga perlu pengelolaan secara baik dengan menjaga kualitas air dan jumlah pakan yang diberikan. Beberapa jenis parasit yang biasa menyerang induk/benih Manfish antara lain adalah Trichodina sp., Chillodonella sp. dan Epystilys sp. Parasit-parasit tersebut sangat tahan terhadap fluktuasi suhu dan akan merajalela pada suhu di bawah 25oC, pada suhu 32oC parasit akan mati. Penyakit ini ditandai dengan mucosa atau lendir pada badan ikan berlebihan dan seperti ditempeli debu-debu. Selain itu, kulit tampak mengelupas dan keputihan. Pada infeksi berat, biasanya terjadi pembengkakan dan kulit menjadi lebih gelap. Ikan sering menggosokkan badan ke dinding akuarium atau bak dan menggeletak di dasar bak kerena lemas.

Apabila parasit menyerang insang, akan terjadi pembekakan di daerah insang dan gerakan tutup ikan akan lebih cepat. Gejala infeksi pada insang kadang-kadang tidak begitu jelas terlihat dari luar. Kematian ikan akan terjadi terus menurus setiap hari, tetapi tidak massal, terutama pada ikan kecil/muda. Pengobatannya dilakukan dengan merendam ikan dalam larutan formalin secara cepat atau short dipping. Penggunaan garam dapur sulit dikerjakan karena penyakit ini resisten atau tahan terhadap salinitas. Obat-abatan seperti PK (kalium permanganat) juga baik digunakan.

Sumber:
http://www.semuaikan.com/hama-penyakit-dan-cara-pencegahannya-pada-ikan-manfish/