Penyakit apa saja yang biasa menyerang gigi kucing ?

kucing

(ariel) #1

kucing

Penyakit apa saja yang biasa menyerang gigi kucing ?


(lailatussaadah) #2

Penyakit gigi pada kucing biasanya diakibatkan karena tidak bersihnya gigi kucing itu sendiri. Membersihkan gigi kucing seharusnya merupakan bagian penting rutinitas grooming (merawat diri). Menyikat gigi kucing dengan pasta gigi dan sikat gigi yang didesain khusus untuk hewan peliharaan akan menghilangkan plak dan bakteri yang dapat tumbuh di dalam mulut dan memiliki efek merugikan bagi kesehatan mulut dan kesehatan hewan secara menyeluruh.

Proses membersihkan gigi pada kucing dewasa yang tidak terbiasa mungkin sulit. Akan tetapi, setelah beberapa sesi berlatih, baik Anda dan hewan peliharaan Anda seharusnya akan terbiasa. Usahakan untuk menyikat gigi kucing setiap hari (atau setidaknya setiap minggu) untuk meningkatkan kesehatan gigi dan gusi.

Beberapa penyakit yang perlu diperhatikan terkait dengan gigi kucing antara lain :

1. Plak dan karang gigi. Bakteri dalam mulut kucing membentuk plak, yang menempel pada permukaan gigi kucing. Apabila plak sarat bakteri ini tidak disingkirkan dengan menyikat gigi yang baik, plak akan bermineralisasi menjadi karang gigi, zat yang pada dasarnya bersatu ke gigi dan hanya dapat dihilangkan dengan pengelupasan gigi di dokter hewan.

  • Terdapat beberapa kondisi yang dapat muncul apabila Anda tidak merawat kebersihan mulut kucing dengan benar, oleh karena itu perhatikan baik-baik penumpukan karang gigi dan plak.

2. Gingivitis. Gingivitis merupakan radang gusi yang muncul sebagai garis merah tua di sepanjang garis gigi/gusi. Seperti pada manusia, gingivitis merupakan tanda kesehatan gigi dan mulut yang buruk dan perlu ditangani oleh dokter hewan sebelum menjadi masalah yang lebih serius.

3. Periodontitis. Penyakit ini disebabkan gingivitis yang dibiarkan tidak diobati. Periodontitis muncul jauh di bawah garis gusi dan menginfeksi soket gigi. Penyakit ini dapat menyebabkan abses menyakitkan dan menggoyangkan gigi.

4. Sariawan. Gingivitis yang tidak diobati dapat menimbulkan seriawan yang menyakitkan. Seriawan akan muncul sebagai luka merah muda di dalam mulut kucing. Sering kali, seriawan ini mengeluarkan darah.

5. Sariawan hewan pengerat. Seriawan hewan pengerat terlihat menyerupai seriawan, namun luka atau bengkak akan terbentuk pada bibir atas kucing.

6. Stomatitis. Stomatitis merupakan peradangan mulut yang sangat menyakitkan. Kucing akan memiliki kesulitan makan atau bahkan menolak makan. Bagian dalam mulut akan terlihat memerah dan lecet.

  • Sebagai tambahan, terdapat banyak kondisi yang dapat muncul apabila Anda tidak merawat kebersihan gigi kucing dengan benar.