Penyakit apa saja yang ada pada sel darah putih?

sel darah putih

Sel darah putih (leukosit) adalah unit-unit pertahanan tubuh. Sel ini menyerang benda asing yang masuk, menghancurkan sel abnormal yang muncul di tubuh, dan membersihkan debris sel.

Beberapa jenis penyakit yang disebabkan adanya kelainan pada sel darah putih, antara lain:

1. Leukemia

Leukimia adalah kanker salah satu jenis sel darah putih di sum-sum tulang. Leukimia terjadi pada penderita yang ditemukan banyak sel darah putih, dimana sel darah putih yang tampak banyak merupakan sel muda yang muda, misalnya promielosit. Jumlah yang semakin meninggi ini dapat mengganggu fungsi normal dari sel lainnya.

Leukimia dapat diklasifikasikan berdasarkan prevalensi empat tipe utama, diantaranya :

  • Leukimia limfositik akut (LLA) merupakan tipe leukimia paling sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini juga terdapat pada dewasa yang terutama telah berumur 65 tahun atau lebih.

  • Leukimia mielositik akut (LMA) lebih sering terjadi pada orang dewasa daripada anak-anak. Tipe ini dahulunya disebut leukimia nonlimfositik akut.

  • Leukimia limfositik kronis (LLK) sering diderita oleh orang dewasa yang berumur lebih dari 55 tahun. Kadang-kadang juga diderita oleh dewasa muda, dan hampir tidak ada pada anak-anak.

  • Leukimia mielositik kronis (LMK) sering terjadi pada orang dewasa. Dapat juga terjadi pada anak-anak, namun sangat sedikit.

Tipe yang sering diderita orang dewasa adalah LMA dan LLK, sedangkan LLA sering terjadi pada anak-anak.

2. Burkitts Lympoma

Burkitts Lympoma adalah jenis penyakit non-Hodgkin Lymphoma (NHL) yang paling sering terjadi pada anak-anak muda yang berusia sekitar 12 dan 30 tahun.

3. Neutropenia

Neutropenia adalah penurunan jumlah sel darah putih neutrofil. Neutropenia terjadi saat tidak terdapat sel darah putih jenis tertentu yang cukup untuk
melindungi tubuh melawan infeksi bakteri. Orang-orang yang meminum obat- obat kemoterapi untuk membunuh kanker mungkin dapat menjangkit neutropenia.

4. Human Immunideficiency Virus (HIV)

Human Immunideficiency Virus (HIV) menyerang sel-sel darah putih jenis tertentu (limfosit), yang bekerja melawan infeksi. Infeksi karena virus dapat menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome), menyebabkan tubuh mudah terserang infeksi dan beberapa penyakit lain. Remaja dan orang dewasa dapat terjangkit penyakit ini, melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi atau dari penggunaan bersama jarum yang terkontaminasi yang digunakan untuk menyuntikkan obat, narkoba atau tinta tato.