Penyakit apa saja yang ada pada keping darah atau trombosit?

trombosit

Keping darah atau trombosit adalah fragmen sel yang berasal dari megakariosit besar di sumsum tulang. Keping darah berperan penting dalam hemostatis, penghentian pendarahan dari pembuluh yang cidera.

Salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya kelainan pada keping darah adalah Thrombocytopenia atau jumlah keping darah yang lebih rendah dari seharusnya. Biasanya didiagnosa karena seseorang mengalami pendarahan atau pembengkakan yang tidak normal.

Thrombocytopenia dapat terjadi saat seseorang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, terjangkit infeksi atau leukemia, atau saat tubuh menggunakan keping darah terlalu banyak. Idiopathic Thrombocytopenia Purpura (ITP) adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan keping darah.

Penyakit sistem pembekuan darah

Sistem pembekuan darah bergantung pada keping darah dan juga seberapa banyak jumlah faktor pembeku dan komponen darah lain. Jika cacat turunan mempengaruhi salah satu komponen ini, seseorang dapat mengalami kelainan pendarahan. Kelainan pendarahan yang umum terdiri dari:

  1. Hemofilia
    Kondisi turunan yang khususnya hampir hanya dialami oleh pria, menyebabkan kekurangan faktor-faktor pembeku tertentu dalam darah. Orang- orang dengan hemofilia parah berada dalam resiko pendarahan berlebihan dan pembengkakan setelah pemeriksaan gigi, operasi, dan trauma. Selama
    hidupnya, mereka mungkin seringkali mengalami pendarahan dalam, walaupun saat mereka sedang tidak terluka.

  2. Penyakit Von Willeberd
    Penyakit Von Willeberd mengalami kelainan pendarahan turunan yang paling umum, juga melibatkan penurunan faktor pembeku. Ini terjadi baik pada pria maupun wanita.