Penyakit apa saja pada ikan arwana yang disebabkan oleh parasit ?

Ikan Arwana

Ikan Arwana (Scleropages formosus) adalah ikan predator yang individualis. Mereka tidak senang berbagi tempat dengan ikan lain, bahkan dengan spesiesnya sendiri. Tetapi terlepas dari penyendirinya itu, ikan arwana menarik penggemar ikan hias dengan bentuk, warna, dan tingkahnya. Penggemar ikan hias memilih ikan arwana untuk menghuni akuariumnya karena menyukai kemistirusan ikan ini yang cenderung bergerak perlahan dan selalu siap sergap mangsa.

Penyakit apa saja pada ikan arwana yang disebabkan oleh parasit ?

Penyakit Bintik Putih Arwana

Penyakit arwana ini menyerang ikan arwana karena beberapa sebab, yaitu: kualitas air yang buruk, suhu air yang terlalu rendah, dan pakan yang tidak baik untuk ikan Arwana. Selain disebabkan oleh faktor-faktor tersebut, penyakit ini juga dapat menular dari ikan lain yang telah terserang.

Penyakit ini disebabkan oleh protozoa Incthyrius Multifiliis.

Gejala yang akan dirasakan oleh ikan arwana yang terserang adalah mengalami kesulitan bernafas, sering membenturkan tubuh ke benda-benda di akuarium, gerakan melambat, terlihat bintik putih pada insang dan sirip, insang mengalami pendarahan, dan rusaknya lapisan lendir.

Langkah pencegahan adalah dengan selalu bersihkan air dan peralatan yang berhubungan langsung dengan ikan. Jaga suhu air akuarium tetap berada di atas 28 derajat celcius. Dengan begitu ikan arwana akan terhindar dari serangan penyakit parasit ini.

Penyakit Penducle Arwana

Penyakit arwana yang ditandai dengan munculnya luka (borok) pada tubuh ikan, tidak nafsu makan, dan pergerakan lemah ini disebabkan oleh suhu air yang tidak bersahabat dengan ikan arwana. Ikan arwana baiknya hidup di dalam air dengan suhu minimal 28 derajat celcius dan maksimal 34 derajat celcius. Dan ketika suhu air tempat hidupnya turun di bawah ini, apalagi sampai 16 derajat celcius maka arwana itu akan segera terserang penyakit penducle.

Penyakit penducle yang menyerang arwana disebabkan oleh bakteri Flexbacter Psychropahila.

Bakteri ini cukup berbahaya jika suhu air turun sampai di bawah 16 derajat celcius. Untuk mengatasi serangan penyakit ini segera keluarkan ikan arwana dari akuarium dan rendam di dalam larutan air dan Oxytetracycline 10 ppm selama 30 menit. Bersihkan akuarium dan sterilkan kemudian ganti dengan air bersih yang baik. Setelah direndam silahkan kembalikan ikan arwana ke akuarium yang telah diisi air bersih.

Penyakit Edward Siella Arwana

Penyakit arwana ini bisa dibilang sangat berbahaya, karena ujungnya akan dapat membunuh ikan arwana Anda. Penyakit ini disebakan oleh bakteri Edward Siella. Serangannya akan menimbulkan luka kecil pada tubuh dan lama kelamaan akan berubah menjadi bentol (bisul) bernanah. Dan jika dibiarkan lagi, bintol tersebut akan memenuhi tubuh ikan arwana. Kalo sudah begitu, ikan arwana Anda akan mengalami luka pada hati dan ginjalnya.

Jika ikan arwana Anda terserang penyakit ini segera tangani dengan memberikan pakan yang sudah dicampur dengan Sulfamirazine dan berikan kepada arwana Anda. Takarannya campurkan 100-200 mg Sulfamirazine dengan 1 kg pakan Arwana.

Penyakit Lernae Arwana

Udang renik yang muncul di bagian tutup insang, sirip, dan mata menjadi tanda dari kemunculan penyakti lernae pada ikan arwana. Parasit udang renik ini menempel dengan kuat di bagian tubuh tertentu ikan arwana.

Cara mengobatinya adalah dengan mencampurkan formalin sebanyak 250 cc dengan air bersih sebanyak 1 m kubik. Rendam ikan arwana didalamnya selama 10 menit sehari sekali. Lakukan langkah tersebut selama sekurangnya 3 hari. Kemudian kembalikan ikan arwana ke dalam akuarium yang telah dibersihkan sebelumnya.

Penyakit Kutu Air Arwana

Penyakit kutu air yang menyerang ikan arwana didalangi oleh parasit Argulus sp. Bentuknya hampir sama dengan udang renik yang menyerang ikan arwana. Dan gejalan yang muncul pun hampir sama dengan yang dilakukan udang renik. Ikan arwana yang terserang parasit ini akan mengalami pengurusan badan yang drastis, nafsu makan yang menurun drastis, dan bintik merah akan memenuhi bada ikan arwana.

Untuk langkah pengobatan penyakit parasit kutu air ikan arwana ini adalah rendam ikan arwana di dalam larutan garam, dosis yang dipakai sebanyak 20 gram untuk 1 liter air dengan lama perendaman 5 menit. Lakukan langkah ini sekali saja, jika masih dirasa ada serangan lagi silahkan lakukan lagi langkah tersebut.

Sumber :