Pentingnya Mengatur Keuangan

Uang tidak bisa membeli kebahagiaan tetapi banyak orang mengatakan bahwa uang bisa menciptakan kebahagiaan. Kita semua tahu bahwa uang itu penting. Pada dasarnya semua orang membutuhkan uang untuk kepentingannya, mau itu keinginan atau kebutuhan. Hidup akan menjadi lebih bahagia ketika mempunyai uang. Jika tidak memiliki uang, timbul rasa khawatir dalam diri kita untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Fungsi dari uang itu sendiri adalah alat tukar yang penting karena dengan uang bisa membeli barang atau jasa yang diinginkan.

Howell (1993) dalam Zahroh (2014) menyatakan bahwa mengelola keuangan pribadi merupakan sebuah kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh masyarakat modern, karena pilihan konsumen dari hari ke hari yang mempengaruhi keamanan keuangan dan standar hidup seseorang. Ada berbagai hal yang bisa kita pelajari untuk melangsungkan bahwa mengatur uang itu penting terutama untuk diri sendiri. Dengan kita bisa mengatur uang yang kita dapatkan bisa terjamin bahwa kita bisa jauh lebih bahagia karena adanya dana yang kita atur sesuai dengan kebutuhan. Keadaan keuangan dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari, karena selama kondisi keuangan seseorang masih baik-baik maka kesehariannya akan baik-baik saja tetapi sebaliknya jika kondisi keuangannya kurang makan kesehariannya akan merasakan sulit untuk bertahan. Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak peduli dengan keadaan ekonomi dan terlihat acuh. Manajemen keuangan sangat penting, tetapi hanya sedikit informasi yang tersedia tentang pentingnya manajemen keuangan.

Belajar dari beberapa influencer ini bisa memberikan tips untuk bisa mengelola keuangan pribadi menjadi lebih baik. Mereka memberikan tips-tips yang bisa diikuti oleh semua orang agar bisa mengelola keuangan sendiri sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Salah satunya adalah Raditya Dika, dia membagikan video mengenai 15 TIPS NGATUR DUIT ALA RADITYA DIKA. Video yang diupload pada tahun 2019 itu sekarang sudah ditonton lebih dari satu juta penonton, bisa disimpulkan bahwa pengelolaan itu memang sangat penting untuk semua orang. Raditya Dika juga membagikan video mengenai pengelolaan bagi pemula. Jika dilihat dari kolom komentarnya banyak orang yang terbantu karena adanya edukasi tentang pengelolaan uang sehingga banyak orang yang berpikir memang pentingnya pengelolaan untuk diri sendiri dan mereka menjadi lebih tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang harus tidak dilakukan. Lalu, apa yang didapat jika bisa mengelola keuangan dengan baik?

Manfaat yang didapat jika bisa mengelola keuangan pribadi dengan baik adalah bisa menjalankan pola hidup yang hemat karena dengan bisa mengatur dan merencanakan apa saja yang menjadi kebutuhan akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari karena sudah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan apa yang tidak menjadi kebutuhan. Jika dapat mengelola keuangan dengan baik, tidak hanya pola hidup yang hemat tetapi bisa menjalani keseharian menjadi tertib dan teratur dengan begitu, segala keinginan akan tercapai karena adanya perencanaan yang membuat semuanya menjadi lebih baik.

Selain itu, mengelola keuangan juga bisa mengurangi stres. Penyebab stres adalah timbulnya banyak masalah dan salah satunya dari masalah pengelolaan keuangan yang buruk. Dengan pengelolaan keuangan yang baik akan mengurangi rasa stres itu karena terhindar dari masalah hutang dan lain-lainnya. Dalam video youtube Raditya Dika, dia menjelaskan bahwa sebaiknya hindari meminjam uang kepada orang lain dan sebaliknya.

Uang merupakan hal yang penting dimana kita semua membutuhkannya karena tanpa uang kita tidak bisa hidup. Banyak orang yang mengabaikan untuk mengelola keuangannya sehingga menimbulkan masalah baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Belajar dari Raditya Dika untuk mengatur keuangan dan memberikan tips yang bermanfaat bagi para pemula dan orang-orang yang ingin belajar mengatur keuangan. Banyaknya dampak yang diberikan dari pengelolaan keuangan terhadap diri sendiri dari bisa menjalankan kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah sampai bisa mengurangi stres. Kita harus bisa mengendalikan pengeluaran yang bisa memberikan dampak buruk bagi diri sendiri.