Pentingnya mempelajari dan menerapkan self pengembangan diri sejak dini

Anak-anak dianggap sebagai generasi muda penerus bangsa. Dalam masa ini, perlu sekalu adanya pendampingan, dan edukasi dari pihak keluarga dan juga guru disekolah. Anak dituntut untuk aktif belajar di sekolah serta bermain, tak jarang, anak dituntut untuk kerja dan merasakan kerasnya kehidupan.

Lantas bagaimana cara menumbuhkan kepercayaan diri bagi anak-anak untuk mengembangkan minat dan bakat, serta kemampuan softskill untuk masa depan yang lebih baik? Pentingkah mempelajarinya sejak dini?

3 Likes

Cara terbaik menumbuhkan kepercayaan diri anak-anak untuk mengembangkan minat bakat adalah dengan mendukung apa yang disukai mereka selama itu dalam kontesks positif.Semisal mereka suka bernyanyi, mari
masukkan mereka ke les menyanyi sehingga mereka bisa lebih berimprovisasi.Disaat mereka berada pada gempat yang mereka rasa itu nyaman bagi mereka, maka kepercayaan diri mereka akan sangat baik
Lalu apakah penting memperlajarinya sejak dini?
Tentunya sangat penting, kita harus terus mengasah kemampuan karena kita tidak tahu akn jadi apa kita di hari esok

Demikian pendapat saya, mari kita saling berdiskusi juga di artikel saya(Bagaimana pendapatmu mengenai “inspirasi” sebagai salah satu katalisator Self-Improvement ? Apakah sudah tepat?. Ditunggu kehadirannya.

Ya, sangatlah penting mempelajari Dan menerapkan perkembangan diri sejak Dini. Karena pada masa kecil lah seharusnya setiap orang diajari, dituntut untuk menjadi orang Yang benar, menjadi orang pintar, baik, dapat menghargai sesama, toleran Dan harus selalu percaya diri. Dan Cara menimbulkan kepercayaan diri bagi anak-anak untuk mengembang Kan minat Dan bakat serta kemampuan softskill untuk masa depan yang lebih baik yaitu Mari Kita terus memberi nasihat, memberi motivasi, mengajari dengan sabar, jangan dengan Cara kasar maka anak tersebut akan menjadi lebih baik dimasa besar nya.
Terimakasih kak…
Itu pendapat saya kak…
Jangan lupa berkunjung di artikel ku kak :hugs:

Pengembangan diri dan penumbuhan minat bakat perlu disadari sejak dini. Hal ini akan menuntun anak untuk bisa mengenal dirinya sendiri. Membebaskan dan membimbing anak untuk mengeksplor hal baru dapat dilakukan untuk anak menemukan apa yg mereka sukai, pasalnya kecerdasan tak hanya soal akademik, mereka yang pandai di bidang seni, olahraga, berbahasa, bahkan bersosialisasi sekalipun termasuk kecerdasan. Mendukung anak untuk melakukan hal baru dapat menumbuhkan rasa percaya diri mereka, mendampingi anak jika gagal dapat memperkuat resistensi mereka.

@AndreasTogatorop, @Alsyadira_Acha, dan kak Veronica ( Maaf, hanya bisa mention dua orang saja )

Saya setuju dengan yang kakak" katakan. Bahwa pengembangan diri, serta minat dan bakat, penting untuk dipelajari sejak dini. Semakin hari, kita semakin disuguhkan beragam talenta anak-anak, kecerdasan, serta kepribadian anak yang cukup baik. Namun, tidak semua orang tua menyadarinya, beberapa masih membiarkan anak fokus bermain gagdet hingga tidak mempedulikan hal lain, tidak bersekolah, bahkan tidak memfasilitasi anak dengan pengajaran karakter serta minat bakat anak dalam membangun kepercayaan diri dan kualitas diri anak yang lebih baik. Bagaimana pendapat kalian jika case ini berada di lingkungan sekitar? tips apa yang akan diberikan, baik untuk orang tua, anak, atau keluarga terdekatnya ( kakak, om, bibi, dll ) ?, terimakasih atas opininya.

1 Like

Hai kak…
Hehe gapapa kak…
.
Tips nya jika kondisi ini ada disekitar saya, si orangtua anak tersebut janganlah terlalu memanjakan anak nya, harus lah bersikap tegas, dan selalu mengarahkan, memberikan motivasi yang bisa mendorong anak itu kedepan menjadi lebih baik lagi.
Terimakasih kak…

Justru menurutku menumbuhkan dan mempelajari minat atau bakat sejak dini adalah hal yang sangat penting. Cara menumbuhkan kepercayaan diri pada anak yaitu dengan menjadi support system bagi mereka. Kita sebaiknya mendukung minat mereka, seperti jika mereka menyukai musik, kita belikan alat musik atau daftarkan ke tempat kursus musik. Berikan juga mereka pengertian dan bimbingan apabila mereka melakukan hal yang salah dan berikan contoh yang benar. Jangan pernah mengekang mereka untuk mempelajari sesuatu. Semakin banyak mereka belajar, semakin mereka mengenal diri mereka sendiri.