Pentingkah Menguasai Komunikasi Persuasif?

persuasif

Menurut Simons (1976) tujuan komunikasi persuasif adalah untuk mempengaruhi sikap, nilai-nilai, pendapat, dan perilaku seseorang. Dengan demikian, kunci utama dari komunikasi persuasif adalah mempengaruhi seseorang sesuai dengan tujuan dari komunikator atau persuader. Pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial, yang selalu berkomunikasi dengan banyak orang untuk mendapatkan apa yang ditujunya.

Terlebih dalam proses transaksi ataupun diskusi pasti kita perlu untuk dapat mempengaruhi orang agar setuju dengan apa yang kita ucapkan, tapi menurt Youdics sepenting itukah kita untuk menguasai ilmu komunikasi persuasif hanya untuk kehidupan sehari hari?

Segala sesuatu, pasti ada maksud dan tujuan tertentu. Tujuan inilah nantinya yang digunakan sebagai target suatu kegiatan. Sehingga terbentuklah perencanaan untuk menuju tujuan tersebut. Sebenarnya, komunikasi persuasif ini merupakan bentuk teknik dalam berkomunikasi. Sehingga, tujuan adanya komunikasi persuasif ini di antaranya :

  • Perubahan sikap (attitude change)
    Komunikasi persuasif ini diharapkan dapat mengubah pola pikir yang mana pola pikir ini membuat komunikan mengubah sikapnya terhadap pesan apa yang diterimanya.
  • Perubahan pendapat (opinion change)
    Seorang komunikan pastinya memiliki pendapat atau anggapan yang berbeda dari seorang komunikator. Sehingga, perlu adanya komunikasi persuasif ini sebagai alat mengubahnya pola pikir komunikan yang membuat komunikan ini mengikuti pendapat atau anggapan yang disampaikan oleh seorang komunikator.
  • Perubahan perilaku (behavior change)
    Perubahan sikap ini sebenarnya masuk ke dalam kategori perubahan sikap. Namun, perilaku ini merupakan suatu dampak dari sikap. Ketika sikap berubah, maka perilaku pada seseorang atau komunikan pun juga ikut berubah mengikuti pola pikir dari pesan yang ia terima.
  • Perubahan sosial (sosial change).
    Perubahan sosial inilah yang merupakan salah satu dampak dari adanya bahasa yang persuasif. Komunikator yang berbahasa persuasif akan membawa perubahan dalam lingkungan masyarakat, pola pikir, hingga perilaku masayarakat. Hal ini dapat ditemukan pada seorang Lurah yang menyampaikan informasi persuasif agar masyarakat desa mengikuti program pemerintah. Dengan adanya bahasa yang persuasif yang bersifat mengajak ini, dapat mampu mengubah pola pikir masyarakat desa untuk mengikuti program pemerintah yang disampaikan seorang Lurah sebagai komunikator.
src

Komunikasi Persuasif - PakarKomunikasi.com

menurut saya penting, karena membuat kita mampu memberikan pengaruh pola pikir individu yang sedang berbicara dengan kita. Maka dari itu, seorang yang sedang berbicara dengan seorang komunikator yang menggunakan teknik komunikasi persuasif ini akan lebih cenderung mengikuti pola pemikiran apa yang disampaikan ini. Sehingga, seorang komunikator ini mampu dan berhasil mengajak seorang komunikan untuk mengikuti apa yang ia sampaikan atau apa yang ia harapkan sebelumnya, karena teknik ini merupakan teknik yang dapat mempengaruhi psikis seseorang ketika mendengar pesan dari komunikator yang menggunakan teknik komunikasi persuasif. Walaupun teknik ini pada umumnya digunakan oleh para marketing, sales, bahkan promotor atau public relation untuk mengajak klien atau konsumen menggunakan produk atau jasa yang ia tawarkan, tetapi jika kita bisa menguasainya maka kita juga diuntungkan

saya setuju dengan pendapat @rizkinaarya
tujuan komunikasi persuasif adalah untuk mempengaruhi sikap, nilai-nilai, pendapat, dan perilaku seseorang. Dengan demikian, kunci utama dari komunikasi persuasif adalah mempengaruhi seseorang sesuai dengan tujuan dari komunikator atau persuader.

Summary

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://eprints.umm.ac.id/61225/3/BAB%20II.pdf&ved=2ahUKEwiXiuD_59ryAhXCSH0KHSYeC1QQFnoECCYQBQ&usg=AOvVaw1yvgNy-aTqFM7vu0F2dmbD

1 Like

Sangat penting menguasai ilmu komunikasi persuasif, apalagi di kehidupan sehari-hari. Ilmu tersebut bukan hanya diterapkan oleh sales saja, tapi patut kita pelajari. Namanya manusia, pasti punya perasaan, pikiran, ide yang berubah-ubah di setiap orang. Ilmu inilah yang akan membantu manusia dalam menjalani perubahaan tersebut. Kita juga tidak setiap hari dan setiap saat selalu bilang “iya” ke semua orang bukan? pastinya kita juga punya keputusan sendiri, punya pemikiran sendiri. Nah, jika menguasai komunikasi persuasif ini, maka akan banyak orang yang bisa kamu tarik untuk ikut dengan pemikiranmu sendiri, walaupun pemikiranmu ini tergolong salah / buruk. Tapi ilmu komunikasi persuasif mu ini sangat oke sehingga bisa membuat orang lain tertarik bahkan sampai melupakan pertimbangan bagi dirinya sendiri

Menurut saya menguasai komunikasi perusasif sangat penting, Apalagi saat ini dunia berubah dengan cepat, komunikasi persuasif memegang peranan penting bagi seseorang untuk berhasil menjalin interaksi/hubungan dengan orang lain. Komunikasi persuasif adalah suatu bentuk komunikasi dengan tujuan tertentu untuk mengubah perilaku khalayak. Kita perlu diajarkan dan belajar pengetahuan serta keterampilan komunikasi persuasif, agar kita memiliki pengetahuan dasar yang berkaitan dengan tujuan komunikasi yang spesifik, mendalam, dan fokus pada upaya dan kegiatan untuk mengubah perilaku komunikator, yang biasanya berbeda dengan komunikasi. secara umum, saya berharap kita dapat berkomunikasi secara persuasif dalam konteks kelompok, organisasi dan masyarakat. Jika manfaat komunikasi persuasif diserap secara mendalam, kita dapat digunakan untuk konsultasi dan perencanaan komunikasi, periklanan, dan negosiasi.

Komunikasi Persuasif merupakan hal yang krusial dan wajib dikembangkan bagi anda yang mungkin memiliki atau akan berkarir dalam bidang Public relation, Marketing, Anggota Dewan, atau bahkan Pedagang. Komunikasi Persuasif dibutuhkan agar bisa memikat konsumen untuk membeli produk tertentu, Dalam kehidupan sehari-hari menurut saya tetap penting memiliki kemampuan komunikasi persuasif, dikarenakan komunikasi persuasif bisa memberikan keuntungan dalam banyak hal misalkan kita memiliki teman yang sedang meminta saran kepada kita, kita bisa memberikan saran terbaik bagi dia dan berusaha untuk mempersuasi dia agar melakukan hal-hal yang positif. jadi, memiliki kemampuan komunikasi persuasif tetap dibutuhkan namun penggunaannya harus tepat dan memberikan dampak yang positif.

Memiliki kemampuan persuasif cukup penting meskipun hanya untuk digunakan di kehidupan sehari-hari. Tujuan dari adanya kemampuan persuasif kan untuk bisa mempengaruhi seseorang sehingga sesuai dengan keinginan kita. Saat kita berkomunikasi untuk meyakinkan orangtua untuk mengizinkan kita pergi merupakan salah satu bentuk kecil dari adanya kemampuan persuasif.

Jadi meskipun kita bukanlah seorang pengusaha ataupun sales yang menggunakan kemampuan persuasif. Kemampuan ini sangatlah penting untuk dimiliki