Pentingkah mengikuti organisasi semasa kuliah?

Saat berkuliah ada banyak pengalaman yang kita coba. Ada magang, pkl, atau mengikuti organisasi. Organisasi sendiri merupakan wadah untuk menyampaikan aspirasi atau ide yang kita punya. Banyak yang mengikuti organisasi untuk mengasah soft skill mereka. Tapi apakah organisasi begitu penting untuk diikuti oleh mahasiswa?

Menurutku ya, mengikuti organisasi cukup penting untuk para mahasiswa.

Seperti yang kak @paulinaarmada sudah jabarkan di atas, organisasi sendiri adalah salah satu wadah yang bisa para mahasiswa manfaatkan untuk menyampaikan aspirasi, serta mengasah soft skill. Juga, untuk memperbanyak relasi. Selain itu, ada beberapa manfaat organisasi bagi mahasiswa:

  1. Belajar kemampuan manajerial

Saat ikut organisasi, pasti kamu bakal dikasih kepercayaan untuk bertanggung jawab di beberapa program kerja. Di situ kemampuan leadership dan manajerial kamu bakal diuji dan diasah. Kemampuan manajerial kayak gini gak lahir dengan sendirinya, perlu proses yang panjang dan dibiasakan terus supaya semakin baik. Kemampuan kayak gini bakal dipake selalu dalam dunia kerja dan bisa menunjang jenjang karir kamu juga.

  1. Wadah mengembangkan bakat dan minat

Kamu juga bisa berorganisasi lewat Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM loh. UKM sendiri adalah lembaga kemahasiswaan yang anggotanya punya kesamaan minat dan hobi yang bertujuan untuk menyalurkan kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan kampus. Kalau ikut UKM dan memungkinkan kamu untuk jadi pengurusnya, kamu bisa menyalurkan bakat dan minat kamu sekaligus dapetin manfaat berorganisasi.

  1. Menambah nilai di CV

Pengalaman kamu ikut organisasi mahasiswa bisa kamu masukkan ke CV kamu buat jadi bekal untuk melamar kerja, loh! Dengan melampirkan pengalaman-pengalaman organisasi di CV, tandanya kamu adalah mahasiswa yang aktif dan suka berkontribusi. Apalagi, kalau IPK yang kamu punya tergolong tinggi, bisa menambah nilai kamu lagi di mata perusahaan. IPK yang tinggi nunjukin kalau kamu bisa mengatur waktu antara kegiatan organisasi sama tugas-tugas dari kampus.

Kalau menurut saya sendiri, mengikuti atau bergabung ke sebuah organisasi di kampus itu lumayan penting dan memiliki banyak manfaat untuk mahasiswa seperti yang sudah kamu sebutkan di deskripsi, salah satunya adalah untuk mendapatkan soft skills. Tetapi selain itu, bergabung atau mengikuti sebuah organisasi juga bukan soal mendapatkan soft skills saja tetapi masih ada beberapa manfaat yang akan mahasiswa dapatkan dari berorganisasi.

Pertama, ketika kamu masuk ke sebuah organisasi di kampus entah itu yang berbentuk OPMAWA (Organisasi Pemerintahan Mahasiswa) seperti BEM dan DPM ataupun yang berbentuk ORMAWA (Organisasi Kemahasiswaan) seperti organisasi kegaamaan, UKM dan lain sebagainya tentunya kamu akan diberikan sebuah tanggung jawab untuk membawahi satu atau bahkan beberapa program kerja seperti yang sudah disampaikan oleh @vesazb baik itu sifatnya program kerja kecil ataupun program kerja besar. Disinilah kemampuan manajerial dan leadership kamu akan diasah sekaligus diuji. seberapa bisakah kamu bertanggung jawab atas proker - proker yang sudah dipercayakan kepada kamu. situasi semacam ini pun, ga bakal berhenti ketika kamu udah lulus kuliah dan kamu bakal nemui situasi semacam ini lagi saat kamu memasuki dunia kerja nanti sehingga kemampuan manajerial dan kepemimpinan ini sangat penting untuk dimiliki dan berorganisasi adalah salah satu cara untuk melatihnya.

Manfaat lainnya adalah, kamu juga bisa mengembangkan minat dan bakat kamu. kembali setuju dengan pendapat dari @vesazb, jika UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa di kampus adalah salah satu medium buat para mahasiswa mengembangkan minat dan bakat mereka, dan juga UKM ini pun biasanya di tiap kampus jumlahnya sangat banyak dan bervariasi. Kalau di kampus saya sendiri misalnya, ada UKM - UKM seperti Unit Kesenian Mahasiswa (buat kamu yang suka bermusik, melukis, dan segala hal yang berhubungan sama seni) atau Unit Kegiatan Olahraga (buat kamu yang suka olahraga). Selain kamu bisa mengembangkan minat dan bakat, biasanya kamu pun juga mungkin akan ditarik ke dalam kepengurusan juga sehingga manfaat mengasah skill manajerial dan leadership juga bisa kamu dapatkan.

Dan yang terakhir, tentu saja menambah nilai tersendiri di CV. Pengalaman ikut Organisasi saat menjadi mahasiswa bisa menjadi modal penting ketika kamu akan melamar kerja nanti karena di zaman sekaran, banyak perusahaan yang menyukai calon pelamar yang memiliki kemampuan mengatur waktu, manajerial, dan leadership yang baik selain kamampuan atau persyaratan yang dibutuhkan perusahaan untuk posisi yang kita lamar karena ketiga hal tersebut sangat penting untuk menunjang kinerja kamu nanti ketika diterima bekerja nanti supaya apapun yang kita lakukan bisa efektif dan seimbang.

Menurut saya, penting untuk mengikuti organisasi. Namun, mengikuti suatu organisasi bukan hal yang utama untuk dilakukan karena tugas utama seorang mahasiswa adalah berkuliah.

  1. Membuat kamu lebih banyak pengalaman
    Kamu akan menemui berbagai aktivitas yang dilakukan dalam sebuah organisasi kampus seperti mengadakan acara sosial, membentuk forum, kerjasama dengan berbagai pihak, dan aktivitas lainnya yang akan menuntut kamu untuk bertemu dengan orang baru baik itu di dalam kampus atau di luar kampus, menjadikan pengalaman berorganisasi ini cukup berharga dan dapat dijadikan referensi ketika kamu melamar pekerjaan

  2. Belajar mengatur waktu
    Menjadi seorang organisator memerlukan waktu dan tenaga ekstra, kamu harus bisa membagi waktu antara kuliah, kegiatan organisasi dan kegiatan lainnya. Hal ini memang bukan perkara yang mudah, tetapi secara tidak langsung dapat mengajarkan kamu untuk selalu disiplin dan pintar mengelola waktu. selain itu dengan mengikuti organisasi secara otomatis kamu telah memanfaatkan waktu kosong untuk hal-hal yang produktif. Sayang sekali jika banyak waktu terbuang untuk hal yang tidak bermanfaat.

  3. Memiliki banyak teman dan relasi
    Organisasi kampus biasanya beranggotakan terdiri dari orang-orang yang berbeda fakultas dan jurusan dan mereka belum tentu kamu bisa kenal jika kamu hanya belajar di kelas saja. Banyaknya kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dalam organisasi tentu saja akan membuat kamu menjadi dekat dengan mereka yang berbeda fakultas dan jurusan. Memiliki banyak teman dan relasi tentu saja hal yang sangat seru dan menyenangkan. Selain itu juga banyaknya relasi tentu saja sangat bermanfaat bagi kamu, mereka bisa jadi adalah orang-orang yang akan mendukungmu saat kamu kesulitan selepas lulus dari kampus nantinya

  4. Melatih jiwa kepemimpinan
    Memiliki jiwa kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting bukan? Jiwa kepemimpinan bukan hanya harus dimiliki oleh seorang ketua, namun hal ini juga harus dimiliki oleh setiap orang. Salah satu tempat untuk melatih jiwa kepemimpinanmu adalah sebuah organisasi. ikuti prosesnya, banyak belajar ketika kamu baru bergabung, jangan sungkan untuk bertanya kepada anggota senior yang lebih berpengalaman, karena ada saatnya nanti kamu akan diberi tanggung jawab untuk memimpin.

  5. Lebih percaya diri dan melatih cara berkomunikasi
    Kamu akan belajar dan berlatih untuk berkomunikasi dengan banyak orang baik itu dengan orang yang memiliki posisi diatas kamu, teman satu organisasi, maupun dengan adik tingkat. Misalkan dalam sebuah forum atau diskusi,kamu bisa berlatih menyampaikan pendapat, bertanya, mengkritik, menerima kritikan dan menghormati pendapat orang lain. Jangan takut untuk menyampaikan sesuatu, diawal-awal mungkin kamu akan merasa malu dan tidak percaya diri. Namun, jika hal itu terus menerus kamu lakukan maka secara tidak langsung kepercayaan diri dan kemampuan komunikasimu akan meningkat

  6. Sebagai sarana untuk mengembangkan kegemaran dan kemampuan yang kamu miliki
    Dalam suatu kampus biasanya beragam organisasi yang bisa kamu, ikuti kamu tinggal pilih mana yang sesuai dengan minat. Seperti halnya di kampus IBI Kesatuan, terdapat berbagai macam pilihan organisasi dan unit kegiatan mahasiswa. Mulai dari organisasi kampus secara umum seperti Himpunan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, dan Dewan Perwakilan Mahasiswa.

Menurut pandangan saya, mengikuti organisasi semasa kuliah cukup penting, namun bukanlah sebuah keharusan. Seperti yang sudah dijabarkan oleh teman-teman diatas mengenai manfaat organisasi, dan hal yang paling penting dalam berorganisasi adalah relasi yang kita dapat dan pengalaman berkerja sama dengan orang lain. Tetapi, tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan hal-hal tersebut diluar organisasi.

Menurut saya, bukan penting atau tidak pentingnya mengikuti organisasi, melainkan bermanfaat atau tidaknya mengikuti organisasi tersebut. Sebelum mengikuti suatu organisasi, tentunya kita perlu mempertimbangkan latar belakang organisasi tersebut, tujuan adanya organisasi tersebut, value dan output apa yang akan kita dapatkan dengan mengikuti organisasi tersebut. Jika penting atau tidak penting, tentunya organisasi itu penting, karena organisasi dapat mengasah kemampuan manajemen diri serta beberapa softskill yang tidak didapatkan saat kuliah. Namun, kita harus tetap mempertimbangkan apa hasil yang akan kita dapatkan dengan mengikuti organisasi tersebut.

Kalau menurutku penting, karena banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika mahasiswa mengikuti organisasi. Manfaat yang bisa aku petik ketika mengikuti organisasi adalah :

  1. Menambah relasi
    Ketika mengikuti organisasi didalam kampus, biasanya kita bisa terhubung dengan kaka dan adik tingkat sehingga relasi internal yang kita bangun semakin luas. Ketika kita mengerjakan suatu tugas yang salah satunya sebagai humas, relasi eksternal kitapun meluas, bisa dari orang lembaga atau mahasiswa dari jurusan/fakultas/universitas lain.
    Ketika mengikuti organisasi eksternal atau luar kampus apalagi,kita bakal ketemu banyak orang yang lebih beragam, lebih banyak, dan dapat memberikan pengetahuan serta pengalaman baru.

  2. Menambah wawasan
    Dengan mengikuti organisasi, banyak sekali pelatihan dan pengetahuan yang kita bisa dapatkan secara gratis. Misalnya menjadi panitia dalam acara webinar maka dapat juga kita mengikuti webinarnya. Pelatihan juga biasa dilakukan untuk meningkatkan kompetensi bidang dalam organisasi.

  3. Memperbanyak pengalaman
    Tentunya pengalaman dalam organisasi belum tentu bisa didapatkan ketika kita tidak mengikuti organisasi. Pengalaman tersebut bisa berupa dalam membuat rencana dan rangkaian acara, pengalaman berkomunikasi dengan pihak yang memliki otoritas, dan lainnya.

  4. Melatih kemampuan leadership dan komunikasi
    Dalam organisasi biasanya individu diberikan wewenang menjadi PJ, disaat itulah skill leadership dan communication akan dilatih. Hal ini juga menjadikan tantangan dan pembelajaran kita untuk kedepannya ketika bekerja.

Menurut saya sangat penting karena dengan mengikuti organisasi semasa kuliah menjadikan mahasiswa dapat melatih komunikasi dan berani untuk mengutarakan pendapatnya. Dengan organisasi selain punya banyak teman dengan karakter yang berbeda juga kita dapat melatih untuk dapat bekerjasama dalam tim dan kekompakan.

Bagi saya sendiri, mengikuti organisasi di kampus selama menjadi mahasiswa merupakan hal yang cukup penting untuk mengembangkan diri dan melatih soft skill kita. Saya belajar kedisiplinan, tanggung jawab, skala prioritas, mengatur waktu antara kuliah, tugas, organisasi, istirahat dan waktu hang out, saya juga belajar menjalin kerjasama, belajar advokasi dan lobbying, problem solving, hingga bagaimana mengendalikan emosi.

Menurut saya, hal - hal seperti yang saya sebutkan tidak bisa didapatkan di perkuliahan. Tapi kita bisa cari dan kembangkan selama berorganisasi. Dan melalui organisasi juga saya mendapatkan banyak link orang keren dan orang orang penting yang mungkin berguna bagi kehidupan saya kelak. Namun, meskipun mengikuti organisasi kita harus tetap bisa menyeimbangkan porsi antara kuliah dengan organisasi. Tujuan kuliah adalah untuk kuliah, bukan untuk mencurahkan seluruh waku kita demi organisasi. Loyal pada organisasi boleh, tapi jangan sampai kuliah keteteran.

Menurut saya sangat penting. Jika kita mengikuti organisasi kita akan mendapatkan banyak pengalaman seperti interaksi dengan orang lain, interaksi dengan atasan, belajar bekerjasama, menjalin komunikasi yang baik, mengasah skill, dan belajar menerima tekanan. Hal itu sangat diperlukan untuk masuk ke dunia kerja, selain itu juga dengan mengikuti organisasi bisa menambah isi cv kita. Terkadang juga keaktifan kita di kampus akan dilihat oleh pewawancara, semakin aktif maka semakin terlihat kemampuan kita. Kita juga dapat memperluas jaringan pertemenan dengan mengikuti organisasi sehingga jika dalam kesulitan atau butuh sesuatu dengan banyak jaringan pertemanan akan mempermudahkan kita, tapi bukan berarti selalu bergantung dengan orang lain. Maanfaat lain juga kita bisa mencari jati diri dan mencari minat kita.

Jika tidak memiliki pengalaman kerja, pengalaman organisasi dinyatakan penting katanya.

Dan mungkin itu jawabannya, tapi untuk aku sendiri hmm aku tidak terlibat organisasi/ukm apapun dikampus karena aku memilih mempunya pengalaman kerja aja dan keterbatasan waktu juga sebagai alasan untuk aku tidak mengikuti organisasi/ukm kampus.