Pentingkah Memiliki Sebuah Asuransi? Bagaimana Menurutmu?

Beberapa hari yang lalu, cukup viral tentang postingan seorang artis yaitu Wanda Hamidah yang sedang mengeluh mengenai salah satu asuransi yang ternyata tidak melakukan pengcoveran biaya ketika anaknya sedang sakit dan membutuhkan operasi. Kejadian ini membuat banyak orang yang awalnya ingin berinvestasi dalam sebuah asuransi menjadi ragu-ragu, bahkan ada yang akhirnya lebih memilih untuk tidak percaya kepada pihak asuransi lagi.

Di Indonesia sendiri, bahkan banyak sekali ditemukan pihak-pihak yang telah tertipu oleh perusahaan asuransi karena uang yang sudah dijanjikan bahwa bisa keluar sangat sulit proses keluarnya. Bahkan, ada beberapa perusahaan asuransi yang dinyatakan bangkrut entah karena banyaknya hutang ataupun adanya kasus internal perusahaan. Adanya kemungkinan-kemungkinan ini membuat beberapa masyarakat Indonesia yang awalnya ingin bergabung ke dalam asuransi menjadi cukup khawatir untuk bergabung meskipun benefit yang diberikan oleh perusahaan asuransi sendiri cukup menjanjikan.

Lalu bagaimana menurut kalian? apakah penting memiliki sebuah asuransi dan berinvestasi di tempat ini?

Sangat penting. Sebab asuransi diperuntukkan ketika sewaktu-waktu kita maupun keluarga sedang berada di fase yang membutuhkan pengobatan dengan biaya besar akan tertolongkan dengan adanya memiliki asuransi. Karena dengan asuransi tadilah seluruh biaya akan ditanggung dan penanganannya tidak perlu susah payah. Berbeda dengan kita yang tidak memiliki asuransi, mulai dari biaya administrasi, biaya kelas maupun ruangan yang mau dipakai, biaya penanganan tenaga ahli sampai biaya obat-obatan dan lainnya itu kita semua yang menanggung dan akan merepotkan. Namun bila kita memiliki asuransi, maka pihak dari asuransilah yang akan mendata semua biaya yang kita perlukan dan jangan lupa juga kita sebagai pemegang kartu asuransi juga dikenakan biaya berupa asuransi setiap bulannya, dengan berkisar jenis asuransi yang kita pakai.

Menurut saya, asuransi itu sangat penting sebagai simpanan kita untuk hal - hal yang tidak terduga seperti sakit dan juga hal - hal essensial seperti pendidikan dan simpanan hari tua. Sistem asuransi sendiri menjamin penanggungan pembayaran tergantung dengan asuransi apa yang kita pakai seperti misalnya asuransi kesehatan sudah mengcover segala biaya pengobatan di rumah sakit serta biaya perawatannya yang saat ini masyarakat sudah lumayan terbantu dengan adanya BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sebagai asuransi kesehatan yang dicanangkan oleh pemerintah (walaupun banyak masalahnya). Sistem asuransi ini sendiri juga mengharuskan polis (pengguna asuransi) untuk menyetorkan sejumlah uang setiap bulannya sebagai modal asuransinya yang sewaktu - waktu dapat digunakan.

Nah, asuransi ini sendiri juga ada berbagai macam jenis seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi hari tua atau pensiun, asuransi pendidikan, dan lain sebagainya. Tentunya memiliki jaminan seperti ini juga akan membantu kita kelak ketika seandainya sudah memasuki usia pensiun dan lain sebagainya. Dalam memilih asuransi apa yang hendak kita pakai, tentunya kita juga harus cermat dalam memahami ketentuan - ketentuan yang berlaku dan juga hati - hati dalam memilih perusahaan asuransi mana yang hendak kita pilih. Perusahaan - perusahaan asuransi seperti Allianz, Generali, Prudential, dan AXA dapat menjadi pilihan buat kamu yang suatu saat ingin membuat sebuah asuransi karena perusahaan - perusahaan itu sudah trusted dalam lingkup internasional.