Pentingkah Grammar Pada Bahasa Inggris?

grammar
Banyak orang merasa enggan mempelajari grammar karena merasa grammar sulit untuk dipahami. Bahkan ada pula orang yang berpendapat bahwa untuk dapat lancar berbahasa Inggris grammar tidak diperlukan. Bagi mereka yang penting adalah mempelajari percakapan. Jadi, asal percakapan sehari-hari bisa dimengerti satu sama lain, maka grammar dirasa tidak perlu untuk dipelajari lebih dalam.

Bagaimana menurut kalian Youdics? Pentingkah grammar dalam mempelajari bahasa Inggris?

Menurut aku penting banget sih. Karena pastinya yang dibutuhkan untuk mempelajari suatu Bahasa bukan hanya percakapan saja, tetapi juga saat penulisan, dan juga pendengaran (speaking, writing, dan listening). Terlebih lagi jika kita ingin mendaftar beasiswa ke luar negri atau pun melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, tidak sedikit perusaan yang meminta essay dalam Bahasa Inggris kepada para applicant. Untuk itu menurut aku belajar dan menguasai grammar itu sangatlah penting, karena pastinya tata Bahasa dan struktur bahasa sangat dilihat. Ya walaupun mempelajari grammar memang sulit, tetapi kita tetap harus belajar guna meningkatkan keterampilan kita dalam menulis Bahasa Inggris.

1 Like

Menurut saya, belajar grammar itu sangat penting. Belajar bahasa inggris memang tidak semudah merangkai vocabulary saja, namun ada grammar yang mengajarkan kita bagaimana cara membuat kalimat yang benar, juga bagaimana cara penggunaan part of speech (kelas kata) dan masih banyak lagi. Saat kita belajar tentang grammar, kita juga diajarkan bagaimana menjadi pendengar, komunikator, pembaca dan tentunya penulis yang baik.

Setiap aspek tersebut sangat membutuhkan grammar. Dengan mempunyai kemampuan grammar yang baik, maka kita bisa membuka peluang kerja. Misalnya, untuk menjadi konsultan kelas internasional dibutuhkan grammar untuk bisa berkomunikasi dengan klien. Terlebih lagi menjadi dosen atau peneliti sangat membutuhkan kemampuan grammar dalam hal akademik. Grammar sangatlah berpengaruh dalam segala aspek dalam bahasa Inggris. Misalnya dalam speaking dan listening atau dalam berkomunikasi.

Penting tidaknya belajar grammar dalam Bahasa Inggris sebenarnya kembali lagi kepada diri kita. Jika kita menyadari manfaat besar yang akan kita dapatkan setelah belajara grammar Bahasa Inggris, kita akan dengan senang hati belajar selangkah demi selangkah dan mengikuti aturan yang ada. Terlepas dari semua itu grammar adalah kunci sukses dalam belajar Bahasa Inggris karena belajar grammar pada akhirnya bertujuan untuk menerapkan empat keterampilan berbahasa yaitu berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan

Kalau menggunakan grammar tidak penting dalam berbahasa inggris, tidak mungkin ada pembelajaran mengenai grammar bukan. Jadi grammar adalah hal yang penting dalam berbahasa inggris. Meskipun ada yang bilang bahwa mengetahui percakapan satu sama lain, grammar tidak diperlukan. Padahal sebenarnya percakapan bisa terjadi karena ada beberapa kata yang dirangkai dan akhirnya menjadi sebuah kalimat. Dimana penyusunan kalimat ini sebenarnya memerlukan peran dari grammar itu sendiri.

Jadi, jika ada orang yang bilang grammar tidak penting, bisa dibilang sedikit konyol. Percakapan yang tidak menggunakan grammar berarti, merupakan percakapan yang kalimatnya tanpa aturan. Bisa dibilang percakapan yang dilakukan oleh seorang anak kecil yang baru bisa berbicara dan asal orang dewasa mengerti. Jadi bila Anda ingin mahir dalam bahasa inggris mempelajari grammar merupakan hal yang penting.

menurut saya grammer sangat penting pada bahasa inggris, agar lawan bicara kita juga paham apa yang kita bicarakan, jadi kita tidak hanya pinter merangkai vocab, tapi juga kita harus pintar untuk mengucapkan vocab tersebut dengan baik dan benar.