Pentingkah e-government dalam pemerintahan di zaman sekarang ini?

Electronic government atau e-government merupakan penggunaan alat komunikasi elektronik, komputer, dan internet untuk menyediakan pelayanan publik pada masyarakat dalam suatu negara atau daerah. Penerapan e-government dikaitkan dengan upaya pemenuhan kebutuhan pelayanan publik terhadap masyarakat. Saat ini banyak negara yang telah menggunakan e-government seperti Korea Selatan, Amerika Serikat, India, dll.
Lalu, pentingkah e-government dalam pemerintahan di zaman sekarang ini??

  • AGREE
  • NOT AGREE

0 voters

:white_check_mark:AGREE

Website adalah alat komunikasi yang paling utama, karena
website menyediakan data individu maupun organisasi berdasarkan lokasi tertentu
dengan tujuan untuk berbagi dan bertukar informasi di internet. Di jaman serba teknologi saat ini, penggunaan website memang bukan sesuatu hal yang jarang. Setiap aspek kehidupan dapat diakses dengan website untuk mencari data atau informasi. Website yang akan dibahas di sini adalah website pemerintahan, yang dirancang pemerintah
untuk penyediaan informasi kepada masyarakat.

E – government website dapat berguna sebagai:

  • Media publikasi
    Website pemerintah dapat digunakan untuk menampilkan program – program, laporan, dan kegiatan dalam pemerintahan.
  • Media marketing
    Website juga menyediakan cara untuk mempromosikan pelayanan pemerintah dengan menyediakan iklan, membuat brosur atau media promosi lainnya. Situs e – government bisa dipakai untuk meningkatkan profil/image dari pemerintahan atau untuk mempromosikan pelayanan
    yang bersifat komersial (misalnya perpustakaan, pelayanan yang berkaitan dengan
    dokumen, dll)
  • Media pertukaran informasi
    Website memungkinkan pengguna dan pemerintah bertukar informasi yang dibutuhkan untuk mendukung segala macam transaksi seperti komplain saat pendaftaran, memohon izin, membayar pajak, mengelola tender maupun kontrak.
  • Media kerja
    Memungkinkan pemerintahan untuk bertukar informasi dengan para karyawan atau pejabat – pejabat dalam organisasi dengan memfasilitasi aktivitas yang professional secara umum.

Selain hal tersebut, e – government memiliki banyak
kelebihan yang menurut saya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam
pentingnya sebuah pemerintahan yang menggunakan e – government. Yaitu:

  • Biaya lebih murah
    Website e – government dapat menjadi alat yang efektif dari segi biaya untuk pertukaran informasi bagi pengguna maupun penyedia informasi. Di sini bisa dilihat dari 2 sudut pandang, yaitu dari pihak pemerintah dan pengguna/masyarakat. Dari sudut pandang instansi, website dapat mengurangi jumlah staff usaha dan biaya untuk membayar jasa mereka. Pengadaan website juga mengurangi penggunaan ATK yang berlebihan untuk penyelenggaraan pemerintahan. Dengan menggunakan website, staff yang bekerja tidak perlu dalam jumlah yang
    banyak, sehingga dapat menghemat pengeluaran.
    Sedangkan dari sudut pandang pengguna/masyarakat, mengakses website
    lewat internet lebih hemat biaya dan waktu dibandingkan dengan mengakses
    pemerintahan secara fisik/kontak.

  • Lebih cepat
    Mempublikasikan web bisa dilakukan dalam waktu cepat, dan memampukan pemerintahan untuk mengenalkan informasi pada masyarakat secara mudah dan cepat dibanding dengan cara lama seperti harus mengeprint informasi, dan mendistribusikan ke masyarakat. Kecepatan dalam update di web juga memungkinkan tersedianya berita dan informasi untuk umum secara cepat dan dapat diakses 24 jam dalam 7 hari tanpa batasan waktu.

  • Lebih baik
    Website dapat menyediakan cara yang lebih baik dalam mengelola informasi jika dibanding dengan cara yang manual. Di dalam website terdapat fitur hypertext yang memungkinkan kita untuk menyediakan akses untuk mengatur informasi dengan cara mudah dan user-friendly, yang juga dipadukan dengan database, itu juga akan menyediakan cara untuk mengakses data secara langsung bagi para pengguna. Bahkan website dikatakan tidak hanya hemat uang dan waktu, tapi juga membant mencegah praktik menyimpang dari pemerintahan seperti korupsi.

  • Aktual
    Website menyediakan informasi terbaru bagi
    para pengguna web. Diperkirakan saat ini lebih dari 20% populasi dunia memiliki
    akses ke internet, yang menggambarkan 300% kenaikan sejak tahun 2008. Ini berarti negara - negara lain mungkin telah mampu memanfaatkan potensi berkomunikasi lewat web dibanding berhubungan secara langsung dengan penduduk setempat. Penggunaan email dan formulir online juga menawarkan cara komunikasi yang cepat dan efisien.

Berdasarkan sumber informasi di atas, saya setuju bahwa e-government penting dalam pemerintahan zaman sekarang ini. Sebaiknya setiap negara sudah harus menerapkan e-government karena e-government memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan pemerintahan yang diselenggarakan secara manual. Apalagi di zaman serba teknologi, setiap hal pasti bisa dilakukan dengan teknologi, termasuk penyelenggaraan pemerintahan.

Sumber :

www.egov4dev.org/website/basics/why.shtml

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Penggunaan internet saat ini memang sudah menjadi sebuah kebutuhan primer bagi beberapa kalangan. Namun, tidak semua kalangan dapat menggunakan internet dan tidak semua lokasi dapat dijangkau oleh internet. Hal tersebut merupakan salah satu hambatan dalam pengimplementasian e-Government.

Untuk mengimplementasikan e-Government di zaman sekarang ini akan timbul beberapa kendala, antara lain:

  • Kesenjangan dalam penggunaan teknologi
    Tidak semua orang di dunia memiliki perangkat (hardware) untuk mendukung mereka dalam berkecimpung di dunia yang saat ini sangat bergantung pada teknologi informasi. Tak sedikit pula yang sudah memiliki perangkat pendukung, namun para penggunanya (brainware) belum bisa memaksimalkan penggunaan alat yang mereka miliki.

  • Akses internet yang terbatas
    Untuk menciptakan kesuksesan dalam e-Government dibutuhkan akses internet yang cepat dan luas. Saat ini tak semua lokasi memiliki akses internet, bahkan masih ada daerah yang belum bisa dijangkau oleh internet.

  • Infrastuktur yang belum memadai
    e-Government bukan hanya soal website semata, diperlukan sarana dan prasarana untuk membangun e-Government yang berkualitas.

  • Anggaran biaya yang besar
    Persoalan anggaran untuk biaya e-Government masih menjadi polemik di beberapa negara. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat sarana dan prasarana yang berkualitas memerlukan biaya yang tidak sedikit dan butuh perencanaan yang matang

Dengan berbagai kendala yang dapat terjadi, saya pribadi saat ini belum setuju untuk penerapan e-Government. Memerlukan konsep yang matang untuk membuat e-Government yang berkualitas dan dapat digunakan oleh semua orang, karena hal ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Jika pemerintah tidak dapat memberikan yang terbaik kepada warganya akan membuat citra pemerintah menjadi buruk.

Sumber

:white_check_mark: Agree

E-Government dapar menjadi sarana yang penting bagi kota-kota untuk mengembangkan negaranya. Kota-kota ini menghadapi banyak sekali tantangan (seperti pelayanan publik yang buruk, pengangguran, masalah perumahan, kejahatan dan kriminal, kesehatan, dan pendidikan) yang bisa menghambat perkembangan suatu kota.

E-Government dapat membantu mengembangkan suatu negara menghadapi masalah-masalah ini dan mengembangkan pemerintahan. Sebagai contoh, e-government bisa membuka peluang baru bagi kota dan pemerintah lokal untuk berpartisipasi dalam pemerintahan dengan adanya reformasi.
e-government juga bisa meningkatkan demokrasi dalam suatu daerah dengan meningkatkan akses informasi dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembuatan aturan yang berlaku.
E-Government menawarkan jalan untuk merancang layanan dan sarana untuk melaksanakan kebijakan yang efektif bagi sipil dan swasta. Dan juga, e-Government dapat berkontribusi pada transparansi dan akuntabilitas yang lebih tinggi dalam pembangunan dan penekanan angka kemiskinan.
Dengan meningkatkan kemampuan kota untuk menyediakan layanan publik, mencapai tujuan, san meningkatkan efisiensi san transparansi, e-Government dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat yang besar terhadap pemerintah. Dimana lembaga-lembaga bertujuan untuk lebih terpercaya, dan perekonomiannya juga meningkat.
Banyak organisasi internasional termasuk World Bank, PBB, dan International Telecommunication Union telah membuat usaha untuk mendukung negara berkembang agar menerapkan e-government.
Bahkan World Bank telah menyatakan tujuannya untuk membantu mengurangi angka kemiskinan dan memungkinkan untuk pemerataan kesejahteraan. E-government dapat dipandang aebagai sarana untuk membantu meraih tujuan tersebut dengan menyediakan :
[1] Pelayanan yang lebih baik dan efisien
[2] Partisipasi dan kepercayaan masyarakat yang lebih tinggi

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari e-government:

  1. E-government membantu meningkatkan efisiensi dalam pemerintahan. Meningkatkan operating system internal seperti sistem keuangan, ADRT, komunikasi internal, dan pertukaran informasi, dan program lainnya yang dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja pemerintahan.
  2. Meningkatkan kualitas pelayanan yang telah menjadi komponen utama dalam administrasi publik. Layanan online semakin dilihat sebagai bagian dari strategi layanan yang lebih luas, dengan manfaat bagi pelanggan dan meningkatkan efisiensi. Semakin pengguna pelayanan publik sering diwajibkan untuk berinteraksi dengan pemerintah, ketidakpuasan pengguna dengan kualitas pelayanan pemerintah dapat dengan cepat menjadi isu politik besar.
    c. TIK dapat mendukung keluaran yang lebih efektif dalam bidang kebijakan utama seperti kesehatan, pelayanan kesejahteraan, keamanan dan pendidikan. Pada akhirnya, pemerintah dan administrasi publik ada untuk memberikan hasil kebijakan, dan TIK adalah penyedia utama di semua bidang kebijakan utama. Penggunaan Internet untuk memberikan nilai di daerah-daerah merupakan prioritas utama di negara-negara anggota.

Dengan demikian, saya sangat setuju apabila e-government penting bagi pemerintahan saat ini. Ditinjau dari segi kelebihan dan juga dukungan dari organisasi dunia yang menyarankan untuk setiap negara berkembang harus memakai e-government. Saya rasa hal tersebut wajar, karena e-government dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di negara tersebut sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin tinggi dan pembangunan negara akan semakin berjalan dengan pesat.
Dengan penerapan e-government, angka pengetahuan TIK suatu negara juga akan meningkat karena e-government membutuhkan orang-orang yang dapat mengelola TI dengan baik sehingga e-government dapat terwujud.

Sumber :
www.we-gov.org/page_ACeS44

:white_check_mark: Agree

Dikatakan dalam pendapat anda, bahwa e-Government butuh biaya banyak sedangkan dalam pendapat saya, e-government malah menekan biaya dalam pemerintahan. Menurut anda, dimanakah letak perbedaannya?

:white_check_mark: Agree

Saya setuju bila Program sistem E-government penting dalam Pemerintahan saat ini. Menurut saya, E-government atau teknologi Informasi dan komunikasi (ICT) yang diterapkan di pemerintahan sangat banyak berkontribusi bagi kemajuan suatu pemerintahan yang juga mendongkrak kemajuan teknologi suatu negara. Dilihat dari pencapaian negara-negara yang sudah menerapkan sistem ini, banyak sekali manfaat yang dihasilkan dibanding kelemahan dan kerugian dari dampak sistem ICT atau e-government. Sistem ICT diakui secara global telah mempromosikan pemerintahan yang baik dan bersih. Berikut tambahan dari dampak implementasi yang mendukung ICT di Badan Pemerintah, dikutip dari manfaat ICT yang diakui:

  • E-Government meningkatkan efisiensi tugas:

ICT membantu meningkatkan efisiensi tugas pemrosesan massal dan operasi administrasi publik. Aplikasi berbasis internet dapat melakukan penghematan pengumpulan dan transmisi data, serta penyediaan informasi dan komunikasi dengan pelanggan. Efisiensi yang signifikan di masa mendatang dilakukan melalui proses berbagi data antara pemerintah.

  • E-Government meningkatkan layanan:

Mengadopsi fokus pelanggan adalah inti dari agenda reformasi sat ini. Layanan yang berhasil adalah yang dibangun atas pemahaman kebutuhan pelanggan. Fokus pelanggan menyiratkan bahwa pengguna tidak perlu memahami struktur dan hubungan pemerintah untuk berinteraksi dengan pemerintah. Internet dapat membantu mencapai tujuan ini dengan memunculkan pemerintah sebagai organisasi terpadu yang memberikan layanan online dengan lancar. Sama dengan semua layanan, layanan e-government juga harus dikembangkan berdasarkan permintaan dan nilai pengguna.

  • E-Government membantu mencapai hasil kebijakan tertentu:

ICT dapat membantu pemangku kepentingan berbagi informasi dan ide, untuk kemudian berkontribusi dalam menentukan hasil kebijakan. Misalnya, informasi dapat mendorong penggunaan program pelatihan dan pendidikan serta proses berbagi informasi antara pemerintah pusatdan daerah untuk memfasilitasi kebijakan lingkungan. Meskipun demikian, proses berbagi informasi pada individu, akan memunculkan isu perlindungan privasi, serta kompromi harus dipertimbangkan secara cermat.

  • E-Government berkontribusi terhadap tujuan kebijakan ekonomi:

E-Government membantu mengurangi korupsi, meningkatkan keterbukaan dan kepercayaan terhadap pemerintah, serta berkontribusi terhadap tujuan kebijakan ekonomi. Dampak spesifik mencakup penurunan pengeluaran pemerintah melalui program yang lebih efektif, efisiensi serta peningkatan produktivitas bisnis melalui penyederhanaan administrasi yang dimungkinkan oleh ICT dan peningkatan informasi pemerintah.

  • E-Government adalah kontributor reformasi utama:

Mayoritas Negara sedang menghadapi isu modernisasi dan reformasi manajemen publik. Perkembangan saat ini berarti bahwa proses reformasi harus berkelanjutan. ICT telah mendukung reformasi di banyak wilayah, misalnya dengan meningkatkan transparansi, memfasilitasi proses berbagi informasi dan menyoroti inkonsistensi internal.

  • E-Government membantu membangun kepercayaan antara Pemerintah dan warganya:

Membangun kepercayaan antara pemerintah dan warganya sangat fundamental bagi pemerintahan yang baik. ICT dapat membantu membangun kepercayaan dengan memungkinkan keterlibatan warga dalam proses kebijakan, mempromosikan pemerintah yang terbuka dan bertanggung jawab serta membantu mencegah korupsi. Selain itu, jika batasan dan tantangan diatasi dengan baik, e-government dapat membantu memperdengarkan suara rakyat agar diperdebatkan dengan lebih luas. Proses ini dilakukan dengan memanfaatkan ICT untuk mendorong warga agar dapat memberikan saran yang membangun mengenai isu publik dan menilai dampak penerapan teknologi untuk membuka proses kebijakan.

  • E-Government meningkatkan transparansi dan tanggung jawab:

ICT membantu meningkatkan transparansi dalam proses pengambilan keputusan dengan memudahkan informasi untuk dapat diakses dan mempublikasikan debat dan rapat, anggaran dan pengeluaran, hasil dan alasan pemerintah untuk mengambil suatu keputusan penting,dll. Hal ini juga dapat meminimalisir usaha oknum-oknum yang menggelapkan anggaran pemerintahan dengan memberikan laporan-laporan palsu karena setiap aktivitas pemerintahan sudah terpublikasi kecuali dokumen rahasia negara.

Beberapa dampak positif yang diatas sudah sangat mendukung pentingnya egovernment diimplementasikan dalam pemerintahan. Jadi tidak diragukan lagi bahwa sistem ini dapat menjadi program untuk kemajuan teknologi pemerintahan negara.

Sumber : http://www.cimsaig.com/index.php?option=com_content&view=article&id=67&Itemid=93&lang=en
http://www.oecd.org/gov/digital-government/e-governmentforbettergovernment.htm

:white_check_mark: Agree

Beberapa kedala yang anda utaran menurut saya bukan hanya kendala untuk sistem e-government saja, namun merupakan kendala berbagai program pemerintah dibidang ICT. dari keempat kendala tersebut dapat disimpulan menjadi satu kendala yaitu infrastruktur belum memadai. Bagi saya kendala ini memang menjadi momok terbesar bagi terealisasinya sistem ini bagi banyak negara. Namun, bukankah setiap negara berkembang saat ini telah gencar memenuhi infrastruktur di segala bidang Teknologi. Jadi tidak ada ancaman untuk menghambat sistem ini, kecuali bagi negara-negara yang berada di kondisi perang. Kendala tersebut bagi saya bukan merupakan dampak negatif, tetapi merupakan modal yang diperlukan untuk sistem ini dapat terealisasi.