Penjualan Model Kit Kapal Meningkat 5 Kali Lipat di jepang

AS20140509001167_comm

Kenapa penjualan Model Kit Kapal bisa Meningkat 5 Kali Lipat di jepang?

Permainan Kantai Collection sampai hari ini masih sangat asing di Indonesia, namun di Jepang permainan ini sudah mulai memberikan dampak ekonomi.Salah satu peritel model kit di Naniwa, Osaka menuturkan pada koran Asahi bahwa awal tahun ini, penjualan model kit kapal meningkat lima kali lipat dari tahun sebelumnya.

Pembelinya kebanyakan berusia 10-30 tahun, dan model paling laku adalah model kapal-kapal perang Angkatan Laut Kekaisaran Jepang.Kapal yang laris terutama kapal perusak “Shimakaze”, kapal torpedo “Kitakami”, dan yang menarik, model skala besar kapal perang “Yamato” pun ikut meningkat permintaannya.

“Hampir semua model kapal yang sebelumnya nyaris tidak terjual, dalam beberapa bulan ini mendadak laku. Stok yang ada tidak bisa mengejar permintaan yang meningkat.”Kantai Collection adalah permainan kartu online yang dikembangkan oleh Kadokawa Games dan dirilis pada 23 April 2013. Sampai akhir September lalu, jumlah pemainnya telah menembus lebih dari satu juta orang.

Dalam permainan ini, pengguna berperan sebagai komandan (teitoku, 提督) dan dengan armada yang ada (berupa kanmusu, kantai musume), bertugas untuk memenangkan pertempuran yang ada.Permainan ini tersedia secara gratis, namun saat ini hanya dapat diakses menggunakan IP dari Jepang saja. Pengguna luar pada umumnya menggunakan VPN untuk mengakali restriksi ini.

Popularitas Kantai Collection yang naik dengan cepat dicerminkan pada banyaknya artwork, gambar, video kompilasi buatan pengguna. Pengamat Akky Akimoto membandingkan kesuksesan Kantai Collection dengan seri Touhou.