Penjara Gitarama, Rwanda: penjara dengan julukan 'neraka di bumi'

image

Salah satu penjara terburuk di dunia ini terletak di Rwanda. Penjara Gitarama, Kigali, Rwanda ini sebenarnya sudah tak mampu lagi menampung ribuan narapidana yang ada di dalamnya. Semua serba berdesakan, hingga berdiri pun berdesakan, daya kompetisi juga sangat ditonjolkan. Siapa yang kuat, maka ialah yang akan bertahan. Bagi yang lemah, siap-siap saja jadi “santapan” bagi narapidana yang lainnya. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai tempat ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, riwayat penjara ini sangatlah mengerikan. Penjara yang tadinya hanya dibuat untuk bertotalkan maksimal 600 narapidana sekarang ini ‘dipaksa’ untuk memuat hingga sekitar 7.000 narapidana. Saking sempitnya sebuah sel, para narapidana ada yang harus berdiri sampai pada batas dimana kaki mereka mulai membusuk. Bahkan kondisi penjara yang sangat kotor dan penuh dengan kotoran manusia, kaki-kaki para narapidana sering terkena sebuah kondisi medis serius dimana jaringan tubuh mati (nekrosis).

Yang paling parah adalah tidak hanya terlalu penuh, penjara ini juga kurang biaya. Jadi dalam kasus yang parah apabila narapidana tidak mati dianiaya maka mereka akan mati karena kelaparan. Bahkan untuk bertahan hidup, beberapa napi tidak ragu untuk membunuh dan memakan tahanan lainnya (kanibalisasi). Serem banget ya penjaranya sampai terjadinya kanibalisasi seperti itu…

Referensi: kaskus.com