Penjara Diyarbakir: penjara yang sering mendapat kecaman oleh organisasi HAM eropa

Awalnya tempat ini merupakan sebuah departemen kehamilan, namun berubah fungsi menjadi penjara. Penjara ini terletak di negara Turki, penjara Diyarbakir terkenal sebagai rumah tahanan yang sangat tidak manusiawi. Banyak narapidana tewas akibat penyiksaan terhadap fisik maupun psikis mereka. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai tempat ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, penjara ini mendapat julukan sebagai penjara terkejam di Turki di mana segala kebrutalan dan kesadisan begitu lumrah terjadi. Dari 1981 sampai 1984, terdapat 34 orang tawanan tewas karena penyiksaan berlebihan, baik jiwa maupun fisiknya.

Para napi sebenarnya telah melakukan protes terhadap pengelolaan penjara. Mereka melakukan mogok makan, bahkan membakar diri sendiri sebagai bentuk protes. Namun tidak berhasil. Fasilitas penjara ini ‘sangat mengerikan’ jauh dari standar. Di sini pernah terjadi peristiwa menggegerkan di mana anak-anak dijebloskan di sini dan mendapat hukuman penjara seumur hidup. Maka tak heran lagi apabila penjara ini masuk dalam salah satu penjara yang paling menyeramkan di dunia. Serem ya…

Referensi: kaskus.com