Penjara Alcatraz: Masuk Artinya Selamanya di Sana dan Tak Bisa Keluar

image

Penjara Alcatraz adalah salah satu penjara paling buruk serta paling ketat di dunia. Penjara ini terletak di tengah laut dan menempati sebuah pulau bebatuan kecil dengan penjagaan yang ultra ketat. Di masa lalu, penjara ini digunakan untuk memenjarakan banyak sekali narapidana kelas kakak agar tidak bisa kabur. Bahkan rasio penjaga dengan narapidananya 1:3, yang berarti 1 narapidana dijaga ketat oleh 3 sipir. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai tempat ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, pejabat penjara disana sangatlah arogan, sipir yang kasar, kebijakan yang tidak manusiawi mewarnai hari-hari para napi di sana. Tak heran kalau banyak yang terkena gangguan jiwa akibat tekanan psikologis yang luar biasa. Bayangkan saja, di sana ada larangan untuk tidak boleh berbicara dengan napi lain, kalau tidak menurut, hukuman menunggu.

Napi sama sekali dilarang untu mengeluarkan emosinya. Mereka dipaksa diam. Hak-hak sebagai manusia, di Alcatraz, telah dicabut. Sungguh penjara ‘neraka’. Namun penjara ini ditutup pada 1963 karena alasan operasionalnya yang sangat besar. Serem ya…

Referensi: kaskus.com