Peninggalan apa saja yang tertinggal dari peradaban Suku Inca?

Peninggalan Suku Inca

Suku Inca merupakan sebuah kelompok klen yang asal mulanya mendiami daerah Peru. Menurut legenda, asal-usul suku bangsa Inca berawal dari sekelompok anak dewa matahari, yang berasal dari sebuah gua di sebelah tenggara kota Cuzco.

Peninggalan apa saja yang tertinggal dari peradaban Suku Inca ?

Moray


Moray : adalah sebuah laboratorium pertanian untuk bangsa Inca, yang kemungkinan digunakan untuk mengembangkan varietas yang cocok ditanam di dataran tinggi Andes. Situs ini berupa teras melingkar yang digunakan untuk mempelajari efek berbeda pada iklim yang berbeda pada tanaman, dimana teras terendah dengan suhu terendah kawah terdalam dari Moray adalah 150 meter dan perbedaan suhu antara teras paling bawah dengan yang tertinggi sekitar 15 derajat celcius.

Coricanha


Coricanha : merupakan bangunan yang terletak di Cuzco, nama aslinya adalah Inti Kancha (Kuil Matahari) merupakan kuil terpenting buat kerajaan Inca. Dahulunya disebutkan bahwa dinding dan lantai kuil ini dilapisi oleh emas padat, namun sama halnya dengan bangunan-bangunan Inca lainnya mengalami penjarahan oleh para penakluk Spanyol.

Isla del Sol


Isla del Sol

Isla del Sol atau “Island of the Sun” merupakan sebuah pulau di bagian selatan danau Titicaca, merupakan pulau berbukit dan bebatuan. Menurut legenda suku Inca, Pulau ini adalah daratan yang pertama kali muncul setelah air dari banjir besar mulai surut dan Matahari muncul kembali di pulau untuk menerangi langit. Untuk memperingati putra Matahari suku Inca membangun beberapa ritus pemujaan di pulau tersebut.Diantara banyaknya bekas bangunan peninggalan suku Inca di pulau tersebut adalah Batu Suci dan sebuah bangunan yang mirip dengan labyrinth yang disebut dengan Chicana.

Winay Wayna


Winay Wayna dibangun dipunggung bukit menghadap sungai Urubamba, situs Inca ini terletak diantara jalur yang saling menghubungkan situs Inca, para turis yang hendak ke Machu Pichu dapat melepaskan lelah mereka di Winay Wayna. Situs Winay Wayna ini terbagi atas 2 kompleks yakni rumah atas dan rumah bawah yang dihubungkan oleh struktur tangga berjenjang dan air mancur.

Llactapata


Llactapata : Situs ini berada diketinggian 2840, Llactapata berarti “High Town” atau Kota tinggi di daerah Quechua, kemungkinan ini digunakan untuk tempat produksi dan penyimpanan makanan. Llactapata dibakar oleh Manco Inca Yupanqui sebagai taktik bumi hangus setelah mundur dari wilayahnya akibat diserang Spanyol.