Pengobatan alternatif lebih efektif dan aman, benarkah seperti itu?

Pengobatan-Alternatif

Jamu dan obat-obatan herbal merupakan jenis pengobatan alternatif yang sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2010 lalu, sebanyak 55,3% orang Indonesia mengkonsumsi jamu untuk menjaga kesehatan (Jonosewojo, 2013).

Pengobatan tradisional Cina, jamu dan terapi fisik nonmedis lainnya merupakan hal yang umum dijumpai dan merupakan bagian dari tradisi pengobatan yang turun-temurun di berbagai kultur. Sesuai dengan namanya, pengobatan alternatif merupakan ‘jalan pintas’ atas ketidakpuasan pasien terhadap pengobatan medis yang biasa dijalani. Beberapa pihak mengklaim bahwa penggunaan obat tradisional seringkali berhasil ketika dunia kedokteran telah angkat tangan.

Ada beberapa juga yang mengklaim bahwa penggunaan obat tradisional adalah bebas dari efek samping yang merugikan pasien. Nah menurut Youdics sendiri, benarkah pengobatan alternatif itu lebih efektif dan aman untuk dilakukan?