Penghargaan film apa sajakah yang bergensi?

Film sekarang bukan hanya sebagai hiburan tetapi juga masuk ke sebagai industri. Apresiasi berupa penghargaan sekarang semakin galak diberikan. Apa sajakah penghargaan film bergensi?

  1. Academy award atau piala oscar yang merupakan penghargaan film Amerika untuk menghargai industri perfilman.
    pacara penghargaan ini pertama kali ditayangkan di televisi pada tahun 1953, dan hingga sekarang disiarkan secara langsung lebih dari 200 negara Piala Oscar adalah upacara penghargaan paling tua; disamping itu ada juga Emmy Award untuk penghargaan acara televisi, Tony Award untuk penghargaan teater, dan Grammy Award untuk penghargaan dalam industri musik, yang selenggarakan setelah adanya Academy Awards.

image

Berikut 10 penghargaan film paling bergengsi dari berbagai negara.

1.Oscars - The Academy Awards
Penghargaan ini diberikan setiap tahun dan bisa disaksikan pecinta film di lebih dari 200 negara. Nama resmi dari penghargaan Oscar adalah Academy Award of Merit dan pertama kali digelar pada 1929. Piala penghargaan Oscar terbuat dari britannium berlapis emas dengan logam dasar hitam. Piala Oscar diberikan kepada aktor, penulis, sutradara, produser dan teknisi perfilman.
2.Palme d’Or - The Cannes International Film Festival
Diperkenalkan pertama pada 1955, kemudian diganti pada 1964 dengan nama Grand Prix du Festival. Ide penghargaan ini adalah untuk memiliki patung yang berbeda setiap tahun dari seorang seniman kontemporer.
3.BAFTA Awards
Penghargaan ini diselenggarakan oleh British Academy of Film dan Televisi Seni yang didirikan pada 1947 dan penghargaan pertama diberikan dua tahun kemudian. Penghargaan ini dirancang mirip pergelaran teater dengan konseptor Mitzi Cunliffe dan upacara biasanya terjadi pada Februari sebelum penghargaan Piala Oscar.
4.The Golden Bear - The Berlin International Film Festival
Acara ini juga dikenal sebagai Berlinale dan merupakan bagian dari “Big Three” festival film Eropa termasuk di Venice, Italia dan di Cannes, Prancis. The Golden Bear di Kota Berlin ini merupakan salah satu festival film terbesar di dunia.Binatang Beruang yang dijadikan tajuk acara penghargaan itu dipilih karena merupakan hewan heraldik dari Berlin dan dapat ditemukan di lambang dan bendera kota. Penghargaan ini pertama kali diberikan pada 1951.
5.Filmfare Awards
Film fare Awards adalah penghargaan film tertua di industri film Bollywood dan dimulai pada 1954. Acara ini diselenggarakan oleh The Times Group dengan menggunakan sistem voting dari masyarakat. Sebuah komite ahli menentukan siapa film yang layak menerima penghargaan dari 31 kategori yanga diberikan.
**6.Film of the Year - European Film Awards **
The European Film Academy (EFA) sebelumnya disebut Felix Awards. Penghargaan paling penting dalam event ini adalah Film of the Year dan pertama kali diberikan pada 1988. Para pemenang EFA untuk nominasi dari pilihan 40 film dan pemenang diumumkan pada upacara yang diadakan pada Desember.
7.The Golden Leopard - Locarno International Film Festival
Festival ini diadakan setiap tahun pada Agustus dan berlangsung di Locarno, Swiss. Acara utama adalah screening terbuka di Piazza Grande dan pemberian Golden Leopard.
8.Grand Jury Prize - The Sundance Film Festival
Sundance Film Festival diselenggarakan oleh Sundance Institute dan berlangsung setiap tahun di Utah, AS. Ini adalah festival film independen terbesar di AS dan merupakan acara utama di mana para pembuat film independen bisa memamerkan karya mereka.
9.Golden Globes
Penghargaan ini diberikan oleh Hollywood Foreign Press Association setiap tahun dan diadakan di Beverly Hilton Hotel sejak 1961. Penghargaan ini merupakan penghargaan film paling banyak ditonton ketiga setelah Grammy Awards dan Oscar.
10.Golden Lion Venice Film Festival
Ini adalah festival film pertama di dunia yang dirintis sejak 1932 dan merupakan festival film yang dikenal karena keragaman judul film yang dipilih. Di festival ini akan ada film Asia, Eropa dan Amerika yang semuanya memiliki peluang sama untuk menang.