Penggunaan Berlian dan Kristal pada gigi amankah ?

Pemasangan perhiasan seperti berlian dan kristal termasuk salah satu alternatif untuk mempercantik gigi. Bisa dipasang di salah satu atau seluruh bagian gigi.

Penting diketahui bahwa pemakaian perhiasan di gigi ini tidak sembarangan, anda harus
mengetahui keuntungan, kerugian, dan prosedur yang baik dalam pemasangannya. Keuntungan dari pemasangan perhiasan di gigi, semata-mata hanyalah untuk kepentingan fashion.

Kerugian yang mungkin diterima adalah, adanya gangguan proses pengembalian mineral yang hilang pada gigi (remineralisasi gigi) karena adanya prosedur pemberian bahan asam untuk melekatkan perhiasan tersebut di gigi.

Namun, prosedur pemasangan perhiasan gigi yang dilakukan di dokter gigi dapat meminimalisasi efek samping yang akan diterima. Prosedur yang biasanya dilakukan adalah pemberian topikal fluor pada gigi yang telah dilakukan pemasangan perhiasan, untuk memfasilitasi remineralisasi pada email.

Hal lain yang perlu diingat dalam pertimbangan pemakaian perhiasan di gigi adalah kondisi gigi tersebut harus baik, sehat, bebas lubang, tidak goyang. Dan jika diperlukan, dokter akan terlebih dahulu melakukan perawatan syaraf terlebih dahulu.

Ketahanan perhiasan gigi ini biasanya tergantung prosedur pada saat pemasangan dan
pemeliharaan oleh pasien. Biasanya, berkisar enam bulan atau lebih. Terakhir, pasien harus mampu menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulutnya, serta rutin dilakukan pembersihan gigi-geligi oleh dokter gigi untuk menjaga ketahanan perhiasan gigi tersebut dan meminimalisasi efek samping yang akan timbul.

https://lifestyle.kompas.com/read/2012/06/08/14211825/Berlian.untuk.Perhiasan.Gigi..Amankah