Pengembangan Kemasan “Sugar Glass” Terbuat dari Virus untuk Mencegah Kontaminasi Produk Pangan

Kontaminasi pada makanan merupakan penyebab utama terjadinya foodborne illness.

Kontaminasi pada makanan merupakan penyebab utama terjadinya foodborne illness. Foodborne illness adalah gangguan kesehatan/sakit yang diakibatkan oleh konsumsi pangan yang telah terkontaminasi mikroba patogen/kuman atau bahan kimia berbahaya. Foodborne illness dapat dikategorikan sebagai wabah apabila terjadi dua atau lebih penyakit yang sama pada orang yang berbeda karena mengkonsumsi makanan tertentu. Beberapa bakteri yang dapat menyebabkan foodborne illness adalah Listeria monocytogenes, Salmonella, dan Escherichia coli.

Salah satu bakteri penyebab foodborne illness yang banyak dibicarakan saat ini adalah Listeria. Kasus ini mengalami peningkatan yang cukup besar dari tahun 2002 sampai tahun 2011. Tahun 2002, foodborne illness terkait bakteri ini terjadi akibat mengonsumsi daging kalkun yang menyebabkan 46 orang menderita sakit dan 7 orang meninggal dunia. Tahun 2011, terjadi peningkatan kasus yang sama yang disebabkan oleh konsumsi buah blewah. Kasus ini menyebabkan 147 orang menderita sakit dan 33 orang meninggal dunia [1]. Baru-baru ini, kasus terkait Listeria kembali terjadi akibat mengonsumsi buah melon Australia yang ditengarai dapat memicu terjadinya infeksi otak.

Berbagai macam upaya telah dilakukan untuk menekan wabah foodborne illness. Salah satunya adalah dengan mengembangkan kemasan pangan (film) yang memiliki sifat antibakteri. Peneliti dari McMaster University baru-baru ini mengembangkan sebuah inovasi baru kemasan pangan yang berbentuk film “sugar glass” untuk mencegah kontaminasi produk pangan. Jenis kemasan ini diharapkan mampu memproteksi makanan dari bakteri penyebab foodborne illness seperi Listeria, E.coli, Salmonella, dan bakteri patogen lainnya.

Sumber:
[1] Marcin J. 2017. Worst foddborne illness outbreaks in recent U.S History. Medical Review. www.healthline.com

[2] Kania D, Bakteri Listeria pada melon Australia picu infeksi otak. https://lifestyle.okezone.com. 8 Maret 2018 ( 13 April 2018).

[3] Antimicrobial ‘sugar-glass’ film protects food from contamination. IFTNEXT Newsletter. www.ift.org (13 April 2018).

[4] Anany H, Brovko L, El Dougdoug NK, Sohar J, Fenn H, Alasiri N, Jabrane T, Mangin P, Ali MM, Kannan B, Filipe CDM, Griggiths MW. 2017. Print to detect: a rapid and ultrasensitive phage-based dipstick assay for foodborne pathogens. Anal Bioanal Chem.

[5] Leung V, Szewczyk A, Chau J, Hosseindoust Z, Groves L, Hawsawi H, Anany H, Griffithd MW, Ali MM, Filipe CDM. Long-ter, preservation of bacteriophage antimicrobials using sugar glasses. ACS Biomaterials Sci. Eng.