Pengaruh sinar mahatari untuk kulit?

Trkadang wanita takut hitam kalau terkena paparan sinar matahari.apakah memang sinar matahari itu punya dampak buruk/sebaliknya

  1. Penuaan Dini
    Apabila kulit terpapar sinar ultraviolet dalam waktu lama justru bukan vitamin D yang didapat. Jika berlebihan, sinar matahari justru dapat merusak serat kolagen dan elastin (lapisan dermis kulit). Akibatnya, kulit akan tampak keriput, kendur, dan pori-pori jadi membesar.

  2. Resiko Kanker Kulit
    Selain penuaan kulit, efek jangka panjang radiasi sinar matahari pun bisa menyebabkan kanker kulit. Ini disebabkan paparan sinar matahari yang berlebihan bisa merusak materi genetik pada sel kulit. Kerusakan ini bisa menyebabkan pertumbuhan kulit jadi tidak terkendali sehingga berakibat kanker kulit.

  3. Kulit Terbakar
    Akibat lain dari paparan sinar matahari berlebihan adalah potensi kerusakan kulit yang ditandai dengan berubahnya pigmen kulit. Warna kulit jadi kemerahan bahkan terlihat berwarna coklat terbakar. Radiasi ultraviolet yang mengenai kulit sangat berpotensi memicu reaksi inflamasi yang mengancam kesehatan tubuh. Kerusakan kulit ini pun meningkatkan risiko kanker dan penuaan dini.

  4. Gangguan Mata
    Selain kulit, paparan sinar matahari berlebihan juga bisa merusak mata. Sinar ultraviolet bisa merusak saraf pusat penglihatan dan makula, yakni bagian retina di bagian belakang mata. Dalam jangka panjang, radiasi sinar matahari ini bisa menyebabkan katarak.

Sumber : https://www.halodoc.com/blog/4-bahaya-sinar-matahari-untuk-kulit