Apa Saja Pengaruh Film Terhadap Sosial Masyarakat?

Pengaruh Film Terhadap Sosial Masyarakat

Film merupakan salah satu alat propaganda yang dapat merubah sosial masyarakat. Pernyataan itu sering terdengar dalam diskusi ilmiah. Menurut kamu, apa saja pengaruh film pada sosial masyarakat ?

Pengaruh film terhadap mental pada masyarakat memang ada dampaknya, ada dampak negatif dan juga dampak positif :

Dampak Postif :

  1. Film dapat dijadikan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat, agar tidak terlalu stress
  2. Film Sebagai Penyampai Pesan Dan Kemampuan Mempegaruhi Audiens, jadi masyarakat bisa mengambil hikmah yang terkandung dalam film tersebut, agar tidak berpikiran terlalu sempit.

Dampak Negatif

  1. Dapat menghilangkan nilai budaya lokal, yang tentunya mentalnya dapat berubah menjadi ke arah kebarat-baratan
  2. Menjadi konteks seks, dimana ini dapat memepengaruhi mental masyarakat khususnya bagi anak-anak dan remaja.

Film adalah media audio visual yang memiliki peranan penting bagi perkembangan zaman di setiap negara, terlepas menjadi bahan propaganda atau tidak, terkadang sebuah film muncul memanfaatkan fenomena yang sedang hangat terjadi di masyarakat karena dianggap ampuh memotret realita yang terjadi pada saat itu dalam berbagai bentuk film-film ini akhirnya memiliki bekas nyata di benak penonton.

Film memiliki pengaruh yang kuat untuk mempengaruhi pola pikir dan budaya masyarakat, pesan-pesan yang disampaikan lewat film seringkali disampaikan secara terselubung. Pesan terselubung ini mempunyai kekuatan pengaruh tersendiri dan penonton bisa jadi menyetujui pesan pesan ini tanpa mereka sadari banyak sekali isu-isu sosial yang juga disampaikan lewat film.

Film sebagai media audiovisual komunikasi dan banyak dijadikan sebagai alat propaganda yang digunakan untuk mempengaruhi pikiran masyarakat dengan memanipulasi representasinya. Oleh karena itu film sebagai medium yang paling ampuh dalam mempengaruhi pikiran khalayak. Film tak sekedar membawa pesan yang menggambarkan realitas yang hendak disampaikan secara umum dari isi film, film juga bisa dipandang sebagai media yang menjadi alat kelompok dominan untuk memanipulasi dan mengukuhkan kehadirannya. Pada sisi lain film juga bisa menjadi cerminan kesehatan mental pada masyarakat dimana film itu tumbuh dan berkembang.