Penentuan UKT online apakah efektif dan tidak terjadi pemalsuan gaji/pegeluaran?


(Bunga asmara) #1

Bagaimana Perhitungan UKT ? Apakah semua Universitas memiliki penetapan UKT yang sama ?
Setiap Universitas memiliki ketentuan besaran UKT yang berbeda, tetapi memiliki prinsip yang sama yakni UKT dibagi menjadi 5 tingkatan pembayaran. 5 (rate pembayaran tertinggi) sampai dengan 1 (rate pembayaran terendah).


(Himawat Aryadita) #2

Dalam penentuan sebuah keputusan yang tepat sangat bergantung dengan informasinya. Seberapa baik informasi yang dihasilkan sangat menentukan ketepatan (ke-efektifan) dari keputusan itu sendiri.

Informasi yang baik sangat ditentukan oleh proses analisa data dan data itu sendiri. Pemrosesan data sangat ditentukan oleh jenis data seperti apa saja yang dibutuhkan dalam proses analisa dan algoritma apa yang digunakan dalam proses analisa tersebut.

Misalnya, untuk menentukan tingkat kemampuan finansial orang tua, data seperti apa saja yang dibutuhkan, apakah cukup hanya dengan data pendapatan dan pengeluaran orang tua? Apakah masih membutuhkan data-data lainnya ?

Data yang baik sangat ditentukan oleh bagaimana proses inputan data itu sendiri. Semakin otomatis proses input data, biasanya data yang dihasilkan semakin baik, karena menghindari error pada manusia itu sendiri.

Sumber gambar : westfallteam.com

Untuk pertanyaan apakah penentuan UKT online sudah efektif, jawabanya adalah tergantung dari input data,validitas data, jenis data dan algoritma dalam pemrosesan data itu sendiri.

Apakah tidak terjadi pemalsuan gaji/pengeluaran ? Selama proses input data berpeluang untuk terjadinya human error, maka kemungkinan terjadi kesalahan akan selalu ada.

Jadi, apabila input data salah akan menghasilkan data yang tidak valid. Apabila data tidak valid, maka sebaik apapun pemrosesan datanya, maka informasi yang dihasilkan akan tidak baik. Apabila informasinya tidak baik, maka keputusannya pun menjadi tidak tepat atau tidak efektif.

Pertanyaan terbesarnya adalah, bagaimana caranya untuk “memastikan” bahwa data yang diinputkan adalah valid ? Sehingga penetapan UKT online akan menjadi lebig efektif.