[Pendidikan]"Berani Jujur" #DictiolsUs #SpeakingUpwithDictio


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Selamat Pagi/Siang/Malam teman-teman semua, semoga senatiasa dalam keadaan yang baik. Aamiin.

Pada saat ini kita sebagai siswa atau mahasiswa di Indonesia sedang mengalami pandemi covid-19, sehingga mengharuskan kita sebagai pelajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara dalam jaringan (daring). Kita pun diharuskan menginstall aplikasi sebagai penunjang pembelajaran seperti Google Classroom, Google Meet, Zoom Meeting, dan lainnya. Kita sebagai pembelajar banyak mengalami kesulitan dalam menerima materi yang disampaikan oleh Bapak/Ibu guru secara daring.

Kegiatan pembelajaran tidak maksimal sehingga pada saat ada tugas ataupun ulangan banyak siswa atau mahasiswa yang kerjasama dalam pengerjaan dengan kata lain menyontek, padahal tersebut tidak diperbolehkan. Jujur merupakan suatu kata yang sederhana, dan memiliki arti yang sederhana pula, yaitu “ mengakui, berkata atau memberikan suatu pernyataan/informasi yang sesuai dengan kenyataan dan kebenaran”. Kejujuran juga harus dilakukan atau di praktikan dalam kehidupan sehari-hari.

Jujur merupakan sikap yang ada pada diri manusia. Akan tetapi kebanyakan manusia sulit menerapkan sikap jujur pada dirinya, serta saat ini jarang sekali orang yang benar-benar jujur. Sikap jujur harus ditanamkan pada diri sendiri, dan harus mulai diterapkan pada usia dini. Menerapkan sikap jujur pada anak di usia dini sangatlah penting, karena dengan menerapkan kejujuran pada anak, akan membiasakan anak untuk berkata dan bersikap jujur.

Sikap jujur atau amanah merupakan salah satu sikap yang ada dan dimiliki nabi Muhammad SAW, nabi sendiri menerapkan kejujuran sejak beliau masih kecil. Bahkan pada saat nabi berdagang, beliau lebih mementingkan kejujuran di bandingkan dengan keuntungan. Bahkan dengan kejujuran nabi selalu mendapatkan keberkahan dan keuntungan yang tak terhingga. Karena dengan kejujuran pasti akan membuahkan hasil yang baik. Maka dari itu nabi selalu mencontohkan dan mengajarkan pada umatnya agar bersikap jujur dalam segala hal, baik dalam perkataan atau pun perbuatan. Dalam islam sikap jujur sangat di anjurkan serta di utamakan. Karena kejujuran merupakan tolak ukur umat yang bertaqwa. Sebenarnya kita hanya kurang memaksimalkan waktu untuk belajar sendiri dan kurang percaya diri. Apabila kita bersungguh-sungguh dan rajin belajar maka kita pasti akan bisa.

Cukup sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

#DictiolsUS #SpeakingUpwithDictio

1 Like