Bagaimana pendapat anda terkait penggunaan media sosial digunakan untuk membahas isu-isu politik ?

politik dan media sosial

Dijaman modern seperti sekarang ini, penggunaan sosial media dapat menjadi salah satu sumber utama dimana kita mendapatkan informasi lebih cepat dan juga lebih mudah. Bagaimana pendapat anda terkait penggunaan media sosial digunakan untuk membahas isu-isu politik ?

menurut saya pembahasan politik di social media ada baik dan buruknya. dilihat dari buruknya social media dapat bersifat adudomba mengejek para pemimpin secara bebas dan dapat merusak tatanan negara. semua kalangan orang dapat menggunakan social media degan bebaas baik itu dr tua sampai anak kecil sekalipun, dari yang berpendidikan hingga yang tidak mempunyai pendidikan sekalipun. mereka dapat menggunakan social media dengan bebas sesuka hati dan bahkan tepat sasaran. bagi orang yang tidak berfikir panjang, hanya iseng atau memang mengkritik yang tidak membangun yang biasanya kerap terlihat di beberapa postingan social media yang sering kita temui. tidak hanya negatifnya saja tapi social media juga mempunyai positifnya jugaa, dimana social media juga sebagai penyalur aspirasi masyarakat terhadap pemerintahnya dan dapat memantau kerja pemimpinnya.

Namun dengan mudahnya informasi merebak luas melewati social media menurut saya juga salah satu timbulnya berita hoax atau saracen bisa terus meluas guna mengejek salah satu figur dan parahnya bisa menjadi sebuah fitnah. seharusnya UU ITE semakin dipertegas dan harus adanya polisi dalam dunia maya agar informasi yang tidak benar segera di blokir sehingga masyarakat tidak mudah dipengaruhi oleh informasi yang tidak benar. kita sebagai netizen juga harus lebih teliti dalam menelaah informasi yang ada di jejaring sosial jangan ditelan mentah mentah karena nanti yang ada malah mempengaruhi sudut pandang (brain wash).