Mengapa mencabut kuku kucing dapat menyebabkan penyakit jangka panjang?

Kucing

Pencabutan kuku kucing mungkin terdengar seperti solusi yang baik bagi pemilik dimana kucing mereka sering merusak perabotan rumah. Mengapa mencabut kuku kucing dapat menyebabkan penyakit jangka panjang?

A post was merged into an existing topic: Apa yang anda ketahui tentang glaukoma pada kucing ?

Penelitian terbaru sudah menunjukan bahwa ada pula penyakit jangka panjang yang bisa terjadi akibat pencabutan kuku kucing.

Peneliti melihat sebanyak 274 Kucing dimana 137 telah menjalani pencabutan kuku (33 diantara mereka sudah dicabut kukunya di keempat kaki) dan 137 sisanya tidak menjalani operasi tersebut. Peneliti melihat apakah ada tanda-tanda sakit atau grooming berlebihan yang dilakukan kucing. Mereka juga melihat riwayat kesehatan para kucing untuk melihat apakah ada perubahan pada sikap mereka.

Ternyata Kucing yang kukunya dicabut lebih sering menunjukan sikap menggigit, agresif, dan grooming berlebihan serta buang air bukan pada tempatnya. Dan kucing yang kukunya dicabut juga lebih rawan terhadap penyakit punggung. Peneliti melihat ini terjadi karena pencabutan kuku merubah gaya berjalan kucing.

Menurut Nicole Martell-Moran, dokter di klinik khusus kucing di Texas, kucing yang dicabut kukunya bukanlah kucing yang jahat melainkan hanya kesakitan. Penyakit kronis pada kucing bisa memaksa kucing untuk menunjukan sikap yang tidak diinginkan dan ia melihat sikap ini berasal dari operasi pencabutan kuku.

Para Peneliti menemukan ternyata penyakit pada punggung dan sikap yang tidak diinginkan lebih sering terlihat pada kucing yang kukunya dicabut. Mereka juga menekankan bahwa seberapa bagusnya operasi dan berjalan lancarnya operasi tersebut masih beresiko tinggi pada kucing.

Pencabutan kuku kucing dilarang di beberapa negara karena banyaknya permasalahan jangka pendek yang sering terjadi.

Ketika kucing dicabut kukunya, mereka terpaksa untuk menopang berat pada tulang rawan yang seharusnya melindungi ruang sendi. Mungkin itulah alasan mengapa kucing yang menjalani operasi tersebut lebih memilih untuk buang air di permukaan lembut seperti karpet daripada di litter box. Dan seperti hewan lainnya ketika merasa sakit, mereka akan mulai menggigit sehingga para pemilik tidak menginginkan mereka lagi.