Pemutihan dan pencerahan kulit

Akhir-akhir ini banyak produk perawatan wajah atau kosmetik beredar di pasaran yang menjanjikan whitening dengan harga terjangkau. Patut diperhatikan setiap produk yang ingin dibeli terutama teliti pada kandungan yang terdapat didalamnya. Mari kita ulas terkait trend Pemutihan dan pencerahan kulit.

Pemutih kulit khusus dirancang untuk memutihkan kulit dengan menghambat aksi tirosinase enzim di dalam kulit. Enzim ini bertanggung jawab untuk memproduksi pigmen melanin melalui proses oksidasi. Melanin yang diproduksi dalam sel melanosit bekerja pada lapisan bawah epidermis kulit, sedangkan produksi melanin memberikan kulitmu perlindungan dari sinar UV matahari yang berbahaya, produksi berlebihan atau akumulasi melanin dapat menyebabkan noda gelap, hiperpigmentasi dan warna kulit yang tidak merata. Secara tradisional pemutih seperti HQ (hydroquinine) biasannya ditambahkan ke dalam krim untuk memutihkan kulit. Hydroquinine juga sangat efektif dalam memperlambat produksi melanin, tetapi penelitian menunjukkan bahwa terdapat efek samping yang serius terkait dengan penggunaan jangka panjang dari bahan sintetis.

Sedangkan produk pencerah kulit umumnya dirancang untuk meningkatkan kulit kusam melalui pengelupasan kulit. Kulit kusam dapat disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari, faktor stres atau faktor lingkungan, seperti polusi. Meskipun kulit secara alami memperbaharui dirinya sendiri, dari waktu ke waktu proses pembaharuan sel kadang bisa tidak bekerja dengan baik dan sel kulit mati cenderung untuk membangun, sehingga meninggalkan kulit lelah dan kulit yang kurang halus. Brightening krim atau serum biasanya mengandung exfoliant dikombinasikan dengan anti-oksidan dan ekstrak alami yang akan menenangkan dan merevitalisasi kulit.

Sumber

https://beauty.popbela.com/skin/roro/whitening-vs-brightening-kamu-lebih-pilih-mana-bela/full