Pembelajaran dari kesalahan outlet berita IZZAMEDIA

SITUS WEB IZZAMEDIA.COM TELAH DITUTUP PEMERINTAH

Situs web izzamedia.com adalah media website yang berisikan tentang berita islam update, renungan, politik, pks, berita nasional, berita islam, mesir, aqidah, syi’ah, taujih, tips keluarga, mesir, dan tahukah anda.

Namun website ini teah di tutup/di blokir oleh pemerintah, karena beberapa dari berita yang di sampaikan tidak memeliki kebenaran atau hoax. Izzamedia telah diblokir bersama dengan 11 situs lainya.

“Sebelas situs yang diblokir ini merupakan hasil pantauan dari sekitar 200 situs maupun media online yang diyakini bermuatan negatif,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Humas Kominfo Noor Iza, saat dihubungi, Selasa (3/1/2017).

Noor Iza mengatakan, sembilan situs pertama diblokir karena mengandung konten negatif, seperti ujaran kebencian, fitnah, provokasi, SARA, hingga penghinaan simbol negara.

salah satunya adalah situs web izzamedia.com, yang di ketahui telah membuat berita-berita hoax didalamnya yang membuat keresahan dan kesalah pahaman berita di kalangan masyarakat.

Referensi : http://tekno.kompas.com/read/2017/01/04/10150067/ini.dia.11.situs.yang.terbaru.diblokir.pemerintah

==========

Ya memang hal yang paling penting dalam sebuah website berita tentu saja adalah berita.
Jika berita yang ada sudah tidak kredibel , maka tidak peduli mau sebagus apapun tampilan webnya, atau seresponsif apapun kode html cssnya, pasti orang-orang tetap tidak akan mengunjungi website tersebut.

izzamedia.com sebagai outlet berita yang membahas topik yang cukup sensitif, yaitu agama dan politik; berita yang ditampilkan harusnya ditelaah dengan baik sumber dan sasaran beritanya.

Mungkin hal yang dapat kita pelajari adalah jika kita ingin membuat sebuah web berisi berita, seluruh sumber berita yang kita kutip haruslah benar benar kredibel , agar web berita kita dapat menjadi sumber berita yang terpercaya oleh netizen.

Pada zaman sekarang ini, informasi berita sangatlah penting dan memiliki peran yang sangat besar.
Terkait penutupan media izzamedia.com yang dianggap menyebarkan berita tanpa sumber atau hoax tentunya merupakan kebijakan yang baik.
Mengingat media / informasi yang salah dapat memicu perseturuan antar pihak yang bersangkutan

SARA merupakan salah satu isu yang sangat sensitif di Indonesia. Keberagaman suku, budaya hingga keyakinan masyarakatnya membuat pembahasan mengenai salah satu unsur sara menjadi hal yang dapat memanas dengan waktu yang sangat singkat. Terutama isu mengenai agama dimana mayoritas masyarakat kita menganut agama Islam sehingga setiap berita mengenai Islam akan memiliki peminat yang sangat banyak dan dari berbagai kalangan.

Membuat berita yang menarik merupakan hal yang penting, namun menarik minat pembaca dengan menggunakan berita yang tidak aktual juga merupakan hal yang fatal. Seperti hakikatnya, berita merupakan sebuah informasi. Apabila suatu berita tidak dapat dibuktikan atau diakui kebenaranya maka fungsi berita sebagai media informasi akan hilang. Selain itu dapat memecah belah masyarakat.

Media masa digital merupakan sarana untuk menyampaikan informasi secara akurat dan terpercaya. Informasi yang disajikan bukanlah informasi yang bersifat hoax tanpa ada bukti yang jelas. Jika informasi yang disebarkan bertentangan dengan kejadian yang nyata dan itu dilakukan secara berulang ulang biasanya badan Komunikasi dan Informatika menindak lanjuti kasus tersebut. Salah satu situs yang diblokir pemerintah adalah izzamedia.com, yang mana menampilkan berita yang tidak akurat.

Media masa digital baik berupa aplikasi web yang dilihat bukan hanya segi tampilan yang menarik namun dari sisi kualitas informasi yang disampaikan juga harus akurat dan terpercaya. Dengan peristiwa pembelokiran situs izzamedia.com dapat kita ambil sebuah pembelajaran bahwa berita yang tersaji kepada pembaca harus akurat dan dengan tampilan yang menarik.

Beberapa ciri dari berita yang baik, diantaranya seperti:

a. Menarik perhatian : Berita harus dapat menarik perhatian, salah satu tujuannya supaya dapat menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat ingin segera mengetahui isi berita tersebut.
b. Terkini atau aktual. Jadi berita harus berisi informasi atau peristiwa terbaru atau yang masih hangat di perbincangkan.
c. Dipercaya. Isi berita harus dapat dipercaya, itulah mengapa berita harus sesuai fakta jadi jangan mengada-ngada.
d. Jelas dan menggunakan kalimat yang sederhana. Isi Berita yang baik yaitu harus jelas jangan berbelit-belit dan kalimat yang digunakannya harus yang sderhana supaya mudah dimengerti.

sumber : http://www.pengertianku.net/2016/04/pengertian-berita-dan-ciri-ciri-berita-yang-baik.html