Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) manakah yang luar biasa?


(Priyo Danu Pasopati) #1

##Three Gorges Dam, China

Sumber gambar : faculty.washington.edu

Pembangkit listrik terbesar di dunia dalam hal kapasitas, 22.500 MW .

Panjang 2.335 meter dan tinggi 181 meter. Lebih dari 102.600.000 meter kubik tanah dipindahkan di area bendungan. Membutuhkan 27,2 juta meter kubik beton dan 463.000 ton baja, cukup untuk membangun 63 menara Eiffel

Biaya yang dibutuhkan sebesar US$ 22.5 Milyar untuk membangun bendungan ini.

Ketika tinggi air mencapai maksimum, 175 meter, luas air yang ditampung adalah 1.045 kilometer persegi dengan panjang 660 kilometer dan lebar 1,12 kilometer. Volume air yang ditampung adalah 39,3 kilometer kubik.

##Itaipu Dam, Brazil and Paraguay

Sumber gambar : bambuhostels.com

The Itaipu Dam terletak di Sungai Paraná di perbatasan antara Brazil dan Paraguay . Meskipun bendungan memiliki kapasitas 14.000 MW , lebih rendah dari Three Gorges Dam , ia menghasilkan daya rata-rata yang lebih tinggi yaitu 91 ~ 95 TWh . Itaipu Dam memasok 90 % dari total konsumsi listrik Paraguay dan 19 % dari total konsumsi listrik dari Brazil .The Itaipu Dam sebenarnya terdiri dari empat bendungan yang digabung bersama-sama dan memiliki total panjang 7,235 kilometer.

Untuk membangun bendungan ini, jalur aliran air sungai terbesar ketujuh di dunia harus diubah alirannya, sehingga 50 juta ton tanah dan batu harus dipindahkan.

Untuk memberikan gambaran, jumlah beton yang digunakan untuk membangun PLTA Itaipu akan cukup untuk membangun 210 stadion sepak bola , besi dan baja yang digunakan bisa membuat 380 Eiffel.

##Guri Dam, Venezuela

Sumber gambar : pinterest.com

The Guri Dam memiliki panjang 7.426 meter dan tinggi 162 meter yang terletak di Venezuela, Sungai Caroni.

Pada tahun 2009, pembangkit listrik tenaga air ini adalah PLTA terbesar ketiga di dunia, dengan 10.235 MW dan terbesar kedelapan dalam hal volume air. The Guri Dam sendiri memasok 73% listrik Venezuela.

##TucuruĂ­ Dam, Brazil

Sumber gambar : jacquesjangoux.wordpress.com

Tucurui Dam adalah bendungan di Sungai Tocantins terletak di Tucurui di Brazil . Bagian utama Tucurui Dam panjangnya 6,9 km dan tinggi 78 meter. Dengan tambahan Mojú and Caraipé, total panjang bendungan ini menjadi 12,515 kilometer.

Kapasitas volume air yang dibendung maksimal adalah sebesar 45 kilometer kubik, dengan rata-rata volume air yang disimpang adalah sebanyak 32 kilometer kubik. Spillway utama pada bendungan ini merupakan yang terbesar kedua di dunial, dengan kapasitas maksimumnya adalah sebesar 110.000 meter kubik per detik

##Grand Coulee Dam, the U.S.

SUmber gambar : usbr.gov

Grand Coulee Dam adalah bendungan di Sungai Columbia, dibangun untuk menghasilkan listrik tenaga air dan memberikan irigasi. PLTA dibangun antara tahun 1933 dan 1942, awalnya dengan dua pembangkit listrik. Kemudian pembangkit listrik ketiga selesai dibangun pada tahun 1974 sehingga meningkatkan produksi energi.

PLTA ini adalah penghasil listrik terbesar di Amerika Serikat dan salah satu struktur beton terbesar di dunia. Melalui serangkaian upgrade dan pemasangan pompa-generator, bendungan sekarang mempunyai kapasitas terpasang 6.809 MW. Pasokan air bendungan ini dapat digunakan untuk irigasi pertanian seluas 671.000 hektar

##Sayano–Shushenskaya Dam, Russia

Sumber gambar : russiatrek.org

Sayano-Shushenskaya Dam terletak di Sungai Yenisei, dekat Sayanogorsk di Khakassia, Rusia. PLTA ini adalah pembangkit listrik terbesar di Rusia dan pembangkit listrik tenaga air terbesar keenam di dunia ditinjau dari daya rata-rata yang dihaslkan pembangkit listrik ini.

Bendungan ini dibangun dengan spesifikasi tahan gempa hingga 8 skala Richter, dan tercatat di Guinness Book of World Records sebagai bangunan terkuat di jenisnya

Referensi :