Pemandian Air Panas Sibanggor, Mandailing Natal

Mandailing Natal memiliki wisata geo yang cukup menarik. Sebuah pemandian air panas yang mengandung belerang. Wisata itu berupa pemandian air panas. Terletak di Desa Sibanggor, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Sibanggor terdiri atas tiga desa yaitu Sibanggor Jae, Sibanggor Tonga, dan Sibanggor Julu. Seluruh daerah Sibanggor penuh dengan air panas kecil. Lokasi yang paling nyaman terletak di pinggir jalan antara Sibanggor Tonga dan Jae.

Cukup menempuh jarak sekitar 12 km dari Panyabungan, anda akan sampai dilokasi yang dituju. Bagi anda yang punya masalah mengenai kesehatan kulit dan ingin sekaligus berwisata, ini merupakan lokasi yang bisa anda coba kunjungi. Selain untuk mencoba sensasi mandi di air belerang, pemandangan rumah-rumah tradisional ala Mandailing yang beratap ijuk dan berdinding papan tentunya juga menambah daya tertarik.

Masyarakat secara swadaya mendirikan tempat pemandian air panas ini. Ada dua kolam yang dirikan berdampingan. Kolam pertama yang cukup panas, sumber airnya langsung dari pusat air panas. Sementara kolam kedua yang airnya lebih hangat, bersumber dari aliran kolam pertama. Di sini sudah terbangun beberapa fasilitas, seperti kolam pemandian, sarana mandi uap, WC umum, dan tempat ibadah.

Tak ada retribusi khusus, cukup membayar sukarela kepada warga yang bertugas menjaga fasilitas ini. Pemandangan sawah, rimba, dan Gunung Sorik Marapi juga bisa anda nikmati. Bila cuaca mendukung, anda dapat memuaskan diri untuk memainkan kamera atau alat perekam gambar.