Pelangi Terbuat dari Apa?

Sebenarnya, pelangi terbentuk dari cahaya Matahari. Cahaya Matahari merupakan salah satu jenis cahaya yang tersusun dari berbagai warna.

Pelangi adalah salah satu fenomena optik. Prosesnya berawal dari cahaya matahari yang memiliki beberapa warna yang memiliki peran penting dalam pembentukan pelangi (cahaya polikromatik). Cahaya yang akan ditangkap oleh mata manusia ada 7 warna yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu yang akan muncul pada langit yang disebut dengan cahaya tampak, yaitu gelombang elektromagnetik yang terjadi akibat adanya medan magnet dan medan listrik. Cahaya tampak memiliki panjang yang berbeda-beda dimulai dari 4000 A sampai 7000 A dan tampak cahaya juga memiliki frekuensi 4,3 x 1014 Hz.

Proses cahaya matahari hingga berubah menjadi pelangi, terbagi dalam beberapa tahapan berikut:

Pembiasan Sinar Matahari. Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan sinar matahari (cahaya) yang dibelokkan berpindah tempat ke arah lain dari perjalanan satu medium ke medium lainnya oleh tetesan air yang ada di atmosfer.
Sinar matahari melewati tetasan air. Ketika cahaya matahari melewati tetesan air maka cahaya tersebut akan dibengkokkan sehingga akan membuat warna-warna tersebut berpisah dengan warna lainnya.
Pembelokkan cahaya. Setiap warna-warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda sehingga akan memberikan warna yang indah pada pelangi.
Terbentuklah warna pelangi. Warna yang akan pertama di belokkan adalah warna ungu, sedangkan warna terakhir yang akan di belokkan adalah warna merah serta akan menyusul warna pelangi lainnya yaitu jingga, kuning, hijau, biru, dan nila maka kita akan melihat warna pelangi secara utuh yang disebabkan oleh geometri optik dalam proses penguraian warna.

sumber : https://www.selasar.com/answer/78340/Pelangi-Terbuat-Dari-Apa