Pelajaran berharga dari penambang

Suatu saat ada penambang yang bekerja terus menerus hingga tambang yang mereka kerjakan menjadi dalam.Secara tiba-tiba semua saluran arus listrik dalam tambang itu putus. Lampu-lampu semuanya padam. Gelap gulita meliputi dasar tambang itu,dan dalam sekejap terjadilah hirup pikuk di sana. Setiap orang berusaha menyelamatkan diri sendiri. Namun mereka sungguh kehilangan arah.

Setiap gerakan mereka pasti berakhir dengan benturan dan tabrakan, entah menabrak sesama pekerja atau menabrak dinding tambang. Situasi bertambah buruk disebabkan oleh udara yang semakin panas karena ketiadaan AC.

Setelah capek bergulat dengan kegelapan, mereka semua duduk lesu tanpa harapan. Satu dari para pekerja itu angkat bicara: ‘Sebaiknya kita duduk tenang dari pada secara hiruk-pikik mencari jalan ke luar.

shahter

Duduklah secara tenang dan berusahalah untuk merasakan hembusan angin. Karena angin hanya bisa berhembus masuk melalui pintu tambang ini. ’Mereka lalu duduk dalam hening. Saat pertama mereka tak dapat merasakan hembusan angin.

Namun perlahan-lahan mereka menjadi semakin peka akan hembusan angin yang masuk melalui pintu tambang. Dengan mengikuti arah datangnya angin itu, mereka akhirnya dengan selamat keluar dari dasar tambang yang dicekam gelap gulita itu.

Pesan yang dapat kita ambil dalam cerita di atas adalah ketika kita sedang gundah dan kacau, kita tak akan pernah melihat jalan keluar yang tepat. Kita butuh untuk pertama-tama menenangkan diri. Hanya dalam keheningan kita bisa melihat pokok masalah secara tepat, serta secara tepat membuat keputusan.

bagaimana anda sudah membiasakan diri bersikap tenang dalam menghadapi masalah?

Kita harus berpikiran tenang dalam melakukan segala hal dan mengambil segala keputusan. Jika tidak maka anda akan melakukan pekerjaan yang terkesan ceroboh dan asal-asalan. Jika anda ingin hasilnya baik, maka lakukan dengan tenang dan pikirkan dengan matang.