Patrick Collison - Lebih dekat bersama pendiri Stripe

Patrick Collison

Biografi, Patrick Collison

Pekerjaan

Part-Time Partner and Member of Board of Overseers
Y Combinator
Director
Stellar Development Foundation
Afilasi lainnya
Massachusetts Institute of Technology
Y Combinator
Automatic, Inc.
Stellar Development Foundation

Tempat dan tanggal lahir

Limerick, Republik Irlandia, 9 September 1988

Kewarganegaraan

Irlandia

Pendidikan

Castletroy College, Massachusetts Institute of Technology

Total kekayaan

1,1 milliar USD (2016) Forbes

Peringkat berdasarkan Forbes

Merupakan Enterprener Muda terkaya dibawah umur 40, dan berada pada nomer 15

Riwayat hidup

Patrick Collison lahir oleh sepasang orang tua yang bernama Lily dan denis collison pada tahun 1988. Dia adalah anak tertua dari tiga bersaudara (mempunyai adik yang bernama John dan Tommy). Collison mengambil kursus komputer pertamanya saat dia berusia delapan tahun di University of Limerick dan mulai belajar pemrogaman pada usia sepuluh tahun.
Collison bersekolah di Gaelscoil Aonach Urmhumhan, Nenagh sebelum dia melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Castletroy, Country Limerick.

Riwayat karir

Patrick Collison merupakan pendiri Stripe, Inc. Jauh sebelum itu dia terlebih dahulu belajar di Massachusetts Institute of Technology. Dia bersama saudaranya mendirikan Stripe pada tahun 2011 dan menjabat sebagai Chief Executive Officer. Dia menjabat sebagai anggota dewan pengawas di Y Combinator sejak 15 April 2014.
Selain itu Collison menjabat sebagai Direktur Yayasan Pengembangan Stellar.

Fakta-fakta mengenai Stripe

  1. Didirikan oleh dua bersaudara Patrick dan John Collison
  2. Stripe pertama kali diluncurkan hanya melayani Amerika Serikat dan Inggris Raya
  3. Tidak perlu login atau mempunyai akun Stripe jika ingin menggunakan layanan ini
  4. Stripe sudah bisa melayani pembayaran dengan segala jenis mata uang

Refrensi atau sumber

https://en.wikipedia.org/wiki/Patrick_Collison
http://www.bloomberg.com/research/stocks/private/person.asp?personId=36144427&privcapId=129151093
https://en.wikipedia.org/wiki/Stripe_(company)
http://socialgadgetnews.com/business/stripe-system
http://www.forbes.com/profile/patrick-collison/

Riwayat Hidup

Patrick Collison lahir pada tanggal 9 September tahun 1989 di Limerik, Irlandia. Orang tua dari Patrick Collison bernama Lilly dan Denis Collison. Patrick Collison memiliki 3 orang adik yang bernama John Collison dan Tommy Collison.

Pada usia 8 tahun Patrick Collison melakukan kursus komputer di Universitas Limerik dan pada usia 10 tahun Patrick Collison mempelajari tentang programing bersama adiknya John Collison. Patrick Collison pernah menempuh pendidikan di Gaelscoil Aonach Urmhumhan sebelum menempuh pendidikan di Castletroy Collage,dan akhirnya menempuh kuliah di Massachusetts Institute of Technology. Tetapi, tidak lama kemudian Patrick Collison keluar dari Massachusetts Institute of Technology dan memulai perjalanan karirnya.

Perjalanan Karir

Patrick Collison memulai karirnya bersama John Collison pada tahun 2007 dengan mendirikan sebuah perusahaan bernama Shuppa setelah dia keluar dari massachusets Institute of Technology. Tak lama kemudian Shuppa bergabung dengan Y Combinator dan mengubah nama perusahaannya menjadi Auctomatic. Auctomatic sendiri kemudian menjadi sebuah perusahaan software yang membuatkan alat transaksi yang mudah untuk platform eBay. Dan pada tahun 2008 akhirnya mereka menjual Bisnis itu kepada Live Current Media dengan harga $5 Juta. Setelah menjual Auctomatic, Patrick Collison menjadi seorang direktur teknik di sebuah perusahaan yang bernama Vancouver.

Pada tahun 2010 Patrick Collison dan John Collison kembali mendapatkan ide untuk membuat sebuah perusahaan yang memiliki kegunaan untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi online. Akhirnya mereka kembali membuat sebuah perusahaan yang bernama Stripe. Ketika pembuatan perusahaan ini, mereka didukung oleh Peter Thiel, Elon Musk dan Sequoia Capital. Pada tahun 2016, Perusahaan Stripe mendapatkan pemasukan sebesar $9.2 Miliyar dan hal tersebut mengantarkan Patrick Collison dan John Collison menjadi “The world’s youngest self-made billionaire” dengan total kekayaan sebesar $1.1 Miliar. Dan hingga hari ini peursahaan Stripe masih terus berkembang dan semakin berguna di dunia transaksi online

Kemampuan yang dapat dipetik dari Patrick Collison

  • Semangat yang tinggi dalam mempelajari sesuatu yang baru
  • Memiliki Inovasi dan kreatifitas yang tinggi
  • Memiliki sifat rajin, tekun, dan ulet
  • Memiliki komunikasi yang baik terhadap seluruh manusia

Fakta-Fakta

  1. Kakak beradik Collison mendapatkan ide untuk mendirikan Stripe ketika mereka berlibur ke Afrika Selatan

  2. Patrick Collison pertama kali mendirikan Stripes hanya untuk melayani konsumen di daerah Amerika Serikat dan Inggris Raya

  3. Patrick Collison dan John Collison hanya berbeda 2 tahun saja

  4. Orang tua dari Patrick Collison memiliki bisnis perhotelan disebuah tempat di dekat kota Limerik

Quotes dari Patrick Collison

  1. “Our goal definitely isn’t to sell Stripe” – Patrick Collison

  2. “It’s very possible that advertising business models will simply never do as well on mobile devices as those oriented around transactions” – Patrick Collison

Referensi

Pattrick Collison seorang pebisnis muda yang menjadi co-founder dan CEO dari Stripe. Lahir pada 9 september 1988 di Irlandia. Sama seperti adiknya john collison pattrick juga memiliki ketertarikan di bidang teknologi, dia pernah menghadiri Young Scientist and Technology Exhibition yang ke 40 dengan proyeknya tentang artificial intellegence, dan memenangkan individual runner-up, tahun berikutnya ia kembali mengikuti ajang tersebut dan berhasil menempati urutan pertama di usianya yang masih 16 tahun.

Pattrick memutuskan untuk tidak melanjutkan studynya di MIT, dan memilih untuk membuat perusahaan bersama adiknya john collison pada 2007, perusahaan tersebut bernama “shuppa”.karena alasan pendanaan, collison bersaudara memutuskan untuk pindah ke california dan bekerjasama dengan Y Combinatorshowed, disana mereka bertemu dengan dua orang lulusan Oxford, Harjeet dan Kulveer Taggar. Shuppa kemudain berubah naman menjadi Auctomatic.

Maret 2008 Pattrick dan John menjual Auctomatic ke perusahaan kanada Live Current Media, dan menjadi milyarder muda dalam semalam. Pattrick merasa kesuksesan tersebut ada kaitannya dengan kemenangannya dalam ajang the Young Scientist and Technology Exhibition.

Pada 2010 pattrick mendirikan Stripe bersama adiknya John collison dengan dukungan sejumlah orang termasuk Elon Musk dan Peter Thiel. Proyek tersebut berhasil dan membawa kesuksesan besar bagi pattrick. Ide mendirikan Stripe sebenarnya merupakan solusi dari masalah keseharian yang sering dihadapi pattrick, yaitu masalah bertransaksi. Ia berfikir untuk mencari jalan keluar karena ia yakin
bukan hanya dirinya yang memiliki masalah tersebut.

Pattrick sendiri memiliki obsesi terhadap teknologi dan coding, ia belajar secara autodidak bersama dengan adiknya. Rasa optimis dan percaya dirinya yang tinggi dengan diimbangi kemampuan dan bakat mampu membuat pattrick mewujudkan hasil pemikirannya. Perwujudan ide pattrick tersebut sangat membantu banyak orang untuk mempermudah kegiatan transaksi mereka.

Sumber


Patrick Collison adalah salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan Stripe. Stripe bergerak dalam bidang pembayaran berbasis online. Kekayaannya saat ini mencapai USD 1,1 miliar atau setara Rp 14,6 triliun.
Patrick Collison sudah mulai tertarik pada komputer sejak dia masih berusia delapan tahun. Pada saat itu dia telah mengambil kursus komputer pertamanya di University of Limerick dan dia memulai belajar pemrograman pada usia sepuluh tahun. Patrick bersekolah di Gaelscoil Aonach Urmhumhan, Nenagh sebelum dia melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi Castletroy, Country Limerick.

Pada awalnya, Patrick mendirikan Auctomatic dan bergabung dengan Y Combinator sebagai perusahaan Winter 2007. Hal itu ternyata tidak akan bertahan lama. Pada usia 19 tahun dan sepuluh bulan setelah bergabung, perusahaan tersebut dibeli oleh Live Current Media seharga $ 5 juta di mana Patrick menjadi Direktur Teknik Produk pada tahun 2008.

Pada awal 2010 John dan Patrick mulai mengerjakan Stripe bersama. Pada saat Patrick bekerja di beberapa proyek sampingan dan mereka berdiskusi mengapa sangat sulit menerima pembayaran di web. Mereka berusaha memecahkan masalah dan melihat apakah mungkin membuatnya menjadi sangat sederhana. Enam bulan berikutnya mereka memulai membuatnya, menunjukkannya kepada teman-teman mereka, dan melihat bagaimana orang berinteraksi dengannya.

Dalam 2 minggu proses pengerjaannya mereka melakukan transaksi pertama dengan perusahaan Y Combinator bernama 280 North. Akhirnya pendiri Ross Boucher (pelanggan pertama mereka) bergabung dengan Stripe sebagai salah satu karyawan pertama.

Pada awalnya mereka tidak yakin seberapa besar peminat karya mereka jika mereka bisa memberikan pengalaman penggunaan yang mereka inginkan. Mereka juga tidak memiliki jawaban apakah mereka dapat sepenuhnya menangani masalah seperti penipuan, pembayaran non-AS, dan memecahkan masalah serupa yang dilakukan Paypal dengan cara yang mudah dilakukan.

Stripe awalnya bermitra dengan perusahaan pembayaran namun setelah mereka mulai menganggapnya serius, mereka menyadari bahwa satu-satunya cara untuk mengendalikan keseluruhan pengalaman seperti yang mereka inginkan adalah mengendalikan semua aspek proses. Mereka membawa semuanya di rumah.

Pada tahun 2010 mereka memulai memikirkan ide untuk membuat Stripe. Mereka mendirikan dikantor Palo Alto. Stripe memulai debutnya pada tahun 2011 dengan Patrick sebagai Chief Executive Officer dan John sebagai presiden. Mereka telah menghabiskan dua tahun untuk menguji layanan mereka dan menjalin hubungan kerjasama dengan bank, perusahaan kartu kredit, dan regulator sehingga pelanggan mereka tidak perlu melakukannya kembali.

Saat ini, Stripe adalah mesin keuangan untuk lebih dari seratus ribu bisnis. Ini menyimpan informasi keuangan utama seperti kartu kredit, menangani penipuan, dan menambahkan dukungan untuk layanan baru seperti Apple Pay saat mereka pertama muncul. Stripe mengenakan biaya 2,9 persen untuk pembayaran kartu kredit dengan imbalan jasanya, meskipun harganya bisa lebih meningkat.

Sikapnya yang haus akan pengetahuan membuatnya semakin maju dan menjadikannya selalu ingin tahu akan menambah pengetahuan baru. Dia selalu memanfaatkan waktu luang yang dia milliki dengan membaca buku agar dia mendapatkan ilmu baru. Dan apabila mengalami sebuah kegagalan mereka selalu berusaha untuk memperbaikinya dan mencobanya lagi sampai berhasil dan mencapai seperti apa yang diinginkan.

Sumber :
https://www.startupgrind.com/blog/the-collison-brothers-and-story-behind-the-founding-of-stripe/

patrick

Patrick Collison adalah anak dari Lily dan Dennis Collison, dia juga adalah kakak dari John Collison dan Tommy Collison. Patrick Collison pertama kali belajar computer pada saat berumur delapan tahun di University of Lumerick, dan mulai belajar pemrograman computer pada saat berumur sepuluh tahun. Pada tahun 2007 Patrick Collison bersama adiknya John Collison mendirikan “Shuppa” yang kemudian bergabung/bekerjasama dengan perusahaan bernama Auctomatic yang dibiayai oleh Y Combinator. Auctomatic adalah perusahaan software yang membuat tools untuk platform eBay. Pada tahun 2008 Auctomatic dijual dan memperoleh pendapatan 5 juta US dollar. Pada tahun 2010 John dan Patrick mendirikan Stripe. Stripe adalah semacam aplikasi yang memungkinkan untuk membayar dan menerima pembayaran melalui web. Pada tahun 2016, Perusahaan Stripe mendapatkan pemasukan sebesar $9.2 Miliar dan hal tersebut mengantarkan John Collison dan Patrick Collison menjadi “The world’s youngest self-made billionaire” dengan total kekayaan sebesar masing- masing $1.1 Miliar.

Quotes Patrick Collison

I think it’s kind of human nature to always want to see these things as a competitive dynamic, that either technology companies have to win or the banks have to win and one of them is going to lose. It’s not as black and white

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Patrick_Collison
https://www.forbes.com/profile/patrick-collison/
http://www.azquotes.com/quote/1585418