Parameter apa saja yang digunakan dalam tahap risk assesment pada risk management plan?

Risk management plan memiliki tahap, yang salah satunya yaitu risk assesment. Parameter apa saja yang digunakan dalam tahap risk assesment pada risk management plan?

Risk Assessment merupakan tahapan untuk menganalisa semua jenis resiko yang telah terkumpul dalam tahapan sebelumnya. Pada tahapan ini ada 3 buah parameter yang diberikan untuk setiap resiko yang teridentifikasi :

  1. Risk Probability
    seberapa besar kemungkinan terjadinya resiko tersebut selama berjalannya proyek IT. Probabilitas 0 berarti resikonya tidak mungkin terjadi dan probabilitas 1 berarti resiko sudah terjadi. Nilai P untuk resiko yang teridentifikasi biasanya bernilai diantara 0 dan 1. Dari masing-masing nilai probabilitas yang dikumpulkan, maka resiko dapat dikategorikan seperti yang disebutkan pada tabel berikut :

    kemungkinan risiko

  2. Likelyhood Justification
    Penjelasan mengenai nilai probabilitas yang diperoleh.

  3. Cost
    Tingkat kerugian yang akan dialami apabila resiko benar benar terjadi. Untuk memudahkan penghitungan biasanya nilai berkisar 0.0 – 1.0 dengan nilai 0.1 berarti tingkat kerugian yang
    rendah dan 1.0 berarti tingkat kerugian yang sangat tinggi. Dari masing-masing Cost yang dikumpulkan, maka resiko dapat dikategorikan seperti yang disebutkan pada tabel berikut :

    biaya

  4. Likelyhood Cost Justification
    Penjelasan mengenai nilai Cost yang diperoleh.

  5. Risk Exposure
    Risk Exposure didapatkan dengan mengalikan Probabilitas dan Cost dari masing-masing resiko. Risk Exposure menandakan pentingnya resiko dalam pelaksanaan proyek IT.

Sumber :
Emanuel, Andi., 2006, ‘Penerapan Risk Management Plan dalam Pengembangan
Perangkat Lunak Skala Enterprise’, vol. 1(2), hal. 149-156.