Pantangan bagi pengguna gigi palsu

Apa saja pantangan bagi pengguna gigi palsu agar gigi palsu tidak rusak atau lepas?

Selama kualitas dan teknik pemasangannya bagus, gigi palsu nyaris tidak ada bedanya dengan gigi asli. Oleh karenanya, tidak perlu ada pantangan tertentu soal makanan.

Namun, tidak ada pantangan bukan berarti boleh makan sembarangan. Untuk menjaga kualitas gigi palsu supaya awet, sebaiknya hindari makanan yang terlalu keras. Anjuran yang sama sebenarnya berlaku juga untuk gigi asli.

“Disarankan tidak makan yang keras-keras karena akan menyebabkan gigi palsu itu pecah atau rusak,” kata drg William Tanzil, Sp Pros, dari Hendra Hidayat Dental Center (HHDC) kepada detikHealth, seperti ditulis pada Rabu (21/10/2015).

Makanan dingin atau panas, juga tidak masalah selama suhunya tidak terlalu ekstrem. “Intinya sama kayak gigi asli. baik itu pantangan maupun perawatannya,” tambah drg William.

Pada beberapa orang, gigi palsu menyebabkan gusi mudah bengkak dan memerah saat mengunyah. Kadang, sariawan juga bermunculan. Menurut drg William, hal itu kemungkinan bukan disebabkan oleh pantangan yang dilanggar karena memang tidak ada pantangan khusus.

http://klinikjoydental.com/tak-ada-pantangan-untuk-gigi-palsu-cukup-hindari-makanan-keras/