Pantai mana saja di Jogja yang terbaik untuk camping?

pantai

Kamu termasuk anak gunung atau anak pantai nih, sebab bukan hanya di gunung, camping di pantai pun termasuk hal yang sangat menyenangkan, karena kita bisa ‘meniduri’ pantai yang masih perawan alias belum pernah terjamah. Ada ratusan pantai berpasir putih dan rata-rata pantainya belum banyak dikunjungi oleh pengunjung. Pantai mana saja di Jogja yang terbaik untuk camping?

1. Pantai Ngrumput
Berlokasi di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Ngrumput berada di sebelah timur pantai Drini yang terkenal itu. Tapi tentu saja, dari segi pesona keindahan untuk melihat sunrise ataupun sunset pantai ini jauh lebih baik. Percayalah, pantai Ngrumput merupakan spot terbaik untuk melihat cahaya kuning keemasan bernama senja yang kerap diburu oleh para wisatawan. Karena itulah, sembari berburu keindahan yang eksotis, sangat cocok kamu mendirikan tenda di kawasan ini.

2. Pantai Siung
Memang pantai yang satu ini termasuk kawasan mainstream di Gunungkidul yang cocok untuk camping. Namun tak ada salahnya jika kamu mendirikan tenda dan menikmati panorama yang teramat indah di Pantai Siung. Meski mainstream, dijamin kamu tak akan kapok untuk terus kembali. Saking melegendanya pantai Siung di mata para wisatawan, hampir setiap akhir pekan tiba pantai ini pun selalu dipenugi tenda untuk berkemah. Jangan heran, fasilitas di sini juga sudah lumayan lho. Ada tempat parkir, warung makan, mushola, penginapan, dan toilet. Di pagi hari, kamu bisa menaiki bukit yang akan menyuguhkan panorama khas laut yang indah.

3. Pantai Jungwok
Jungwok juga ada di Gunungkidul, tepatnya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Keunikannya, pantai ini punya bentuk cekung yang dikelilingi oleh perbukitan hijau, indah nan eksotis saat dipandang. Hamparan pasir putihnya masih bersih, air lautnya pun masih jernih kebiruan yang akan membuatmu ketagihan bermain di tepian pantai. Aksesnya memang cukup sulit, tapi setelah melihat panorama yang tersaji, rasa lelahmu akan tuntas terbayar. Karena masih jarang dikunjungi, kamu akan merasakan pantai ini seolah milik pribadi.

4. Pantai Seruni
Kalau di pantai Jungwok kamu sudah merasa sepi, di pantai Seruni kamu akan lebih merasa sendiri. Para pemuja alam liar dan pencari ketenangan wajib datang ke pantai ini. Kamu tak akan merasa rugi, apalagi menyesal, jika datang kemari. Seruni memiliki view yang sangat indah, dilengkapi dengan deburan ombak pantai yang memberikan kesan romantis dan suasana nyaman bagi setiap pengunjung yang datang. Dijamin, kamu tak akan rela pulang. Lagipula, di sini kamu tak perlu cemas kehabisan minum, karena kamu bisa mengambilnya dari sebuah goa kecil yang mengalirkan air tawar.

5. Pantai Ngetun
Pantai Ngetun juga termasuk pantai yang jarang dikunjungi wisatawan. Jadi, kalau kamu memang mencari pantai yang masih perawan menawan dan menawarkan kepuasan tersendiri, silahkan dirikan tendamu di sini. Berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, pantai ini termasuk pantai yang tidak terlalu luas, kalau tidak boleh dibilang sempit. Tapi bukankah justru karena luas yang tak seberapa ini yang akan membuatmu leih merasa ‘memilikinya’ dalam satu atau dua malam? Kalau beruntung, saat akhir tahun akan banyak kupu-kupu kecil berwarna kekuningan yang beterbangan di sepanjang jalan menuju pantai.

Sumber:

1 Like