Pantai Goa Cemara

image

Bantul bisa jadi bukan kata pertama kali melintas di pemikiran kebanyakan orang ketika mendengar kata pantai. Namun jangan salah, di wilayah satu ini ada sebuah lokasi yang menyajikan keindahan panorama luar biasa sekaligus unik, berbeda wisata bernuansa samudra lainnya. Tempat yang dimaksud tak lain adalah Pantai Goa Cemara.

Terletak di Desa Gadingsari, Kecamatan Saden, pantai satu ini telah menjadi lokasi favorit warga Bantul dan sekitarnya untuk melepas penat sembari menikmati angin sepoi-sepoi di kawasan pesisir.

Pada siang hari, pengunjung di pantai ini masih cukup banyak. Di sekitar area parkir, nampak sejumlah tenda didirikan. Tak jauh dari situ, sejumlah murid sekolah tampak asyik bercengkrama satu sama lain. Ada juga yang kelihatan lelah dan memilih tiduran sembari menikmati angin semilir.

Para penjaja makanan juga banyak yang masih buka, meski sebagian besar sepertinya sudah bersiap-siap untuk pulang. Secara umum, suasana pantai relatif tenang walaupun ada banyak orang.

Sekedar berjalan-jalan di pesisir pantai mungkin akan membosankan. Apalagi gelombang air di kawasan Pantai Goa Cemara ini termasuk ganas, hingga pengunjung dilarang berenang di sini. Namun tak perlu khawatir, masih ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan.

Salah satunya adalah memanfaatkan lahan camping ground yang ada di sekitar area parkir. Lewat penuturan Wahadi, barulah kami tahu bahwa murid-murid yang sedang bersantai di depan tadi adalah kelompok pramuka dari sebuah SD di Purwokerto.

Selain berkemah, pengunjung juga bisa mencoba menjelajah wilayah sekitar dengan menunggangi kuda maupun menyewa ATV. Semuanya ditawarkan dengan harga tak terlalu mahal. Jika belum puas, masih ada beberapa spot selfie dan ayunan menarik yang bisa dikunjungi.

Pantai Goa Cemara juga punya keunikan lain berupa penangkaran penyu. Di sini pengunjung bisa mencoba melihat pengembangbiakan penyu secara langsung dan berkesempatan melepasnya di laut. Menurut penuturan Wahadi biasanya banyak orang yang sudah memesan tempat untuk melepaskan Penyu di sekitar bulan Agustus.

Namanya unik, apa goa ini diberikan nama karena didalam goanya banyak pohon cemara? mungkin ada alasan lainnya dengan pemberian nama ini. :smiley: