Pantai apa saja yang ada di Malang?

Untuk kerapian tulisan, sehingga memudahkan pembaca dalam membaca, mohon untuk mengikuti format sebagai berikut :

  1. Judul
  2. Foto-foto pantai
  3. Deskripsi
  4. Rute
  5. Jarak
  6. Bagaimana menuju kesana
  7. Keterangan lain-lain

Terimakasih banyak atas bantuannya

##Pantai Licin

Pantai Licin terletak di pesisir selatan Pulau Jawa yang terletak di tepi Samudera Indonesia secara administratif masuk wilayah Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, merupakan paling ujung selatan timur Kabupaten Malang, Jawa Timur

Pantai ini seluruh hamparan pasirnya berwarna hitam legam. Pasir hitam ini dulunya adalah berasal muntahan lahar Gunung Semeru. Pasir hitam tersebut terbawa arus air Sungai Glidik masuk ke laut dan terbawa ombak hingga menutupi pasir putih.

Perlu nyali tinggi untuk mencapai ke pantai ini karena baik menggunakan motor, apalagi mobil butuh konsentrasi dan fisik yang prima. Paling aman hanya berjalan kaki, namun jarak dari Desa Lebakharjo menuju pantai ini sangat jauh, sekitar 17 kilometer. Itupun dengan kondisi jalan yang menanjak dan menikung dengan kemiringan sampai 80 derajat. Jalannya hanya cukup untuk satu mobil, jika berpapasan dengan motor harus berhenti dulu dengan sedikit minggir. Salah sedikit saja risikonya cukup besar, karena di sisi kiri jalan merupakan jurang sangat curam. Sedangkan di sebelah kanan terdapat tebing tinggi yang dipenuhi bebatuan besar.

Rute : Malang kota-Gadang-Bululawang-Turen-Dampit-Tirtoyudo-Apelgading-Desa Lebakharjo

Jarak dari Malang : sekitar 80 km

[details=Referensi : ]* http://lingkarmalang.tumblr.com/post/133916704687/pantai-licin-adalah-sebuah-pantai-di-pesisir

1 Like

##Pantai Sipelot

Pantai Sipelot merupakan salah satu pantai yang ada di pesisir selatan pulau Jawa yang berlokasi di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Malang Jawa Timur.

Pantai Sipelot ini masih sangat natural dan belum banyak yang tahu keberadaan pantai ini sehingga masih jarang wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini. Selain itu, Anda juga dapat menikmati indahnya air terjun atau Coban Sipelot yang turun dari bukit di sebelah barat pantai.

Jalan menuju pantai Sipelot pun mudah diakses dengan kendaraan bermotor karena medannya cukup bagus dan sudah beraspal serta terdapat papan petunjuk walaupun di beberapa titik terdapat aspal yang sudah rusak. Namun, Anda juga harus hati-hati karena jalanan menuju lokasi pantai sipelot ini naik turun dan berkelok-kelok.

Rute : Kota Malang โ†’ Gadang โ†’ Turen โ†’ Kecamatan Dampit โ†’ Kecamatan Tirtoyudo โ†’ Perhatikanlah papan penunjuk jalan yang terdapat pada sisi sebelah kanan ke arah lokasi Pantai Sipelot โ†’ kemudian belok kanan โ†’ dan ikuti penunjuk jalan โ†’ Desa Pujiharjo.

Jarak dari Kota Malang : 79 Km

[details=Referensi]https://destinasipada.blogspot.co.id/2016/06/pantai-sipelot-malang.html
http://wisatapedi.com/pantai-sipelot-pujiharjo-tumpel-gading-malang-jawa-timur/
http://www.wisataterindah.net/pantai-sipelot/
http://feryarifian.blogspot.co.id/2015/07/pantai-sipelot-pesona-ujung-timur-malang.html[/details]

2 Likes

##Pantai Wedi Awu

Pantai Wedi Awu masih belum banyak di ketahui oleh masyarakat luas, hanya para traveller saja yang tau keberadaan pantai ini, pantai ini menyuguhkan keindahan desiran ombak pada siang hari, dan pemandangan sunrise pada pagi hari. Ombak pada siang hari di pantai ini bisa mencapai ketinggian 3 meter, Jadi cocok untuk kalian yang suka berselancar menaklukkan ombak pantai ini.

Jika anda berwisata ke Pantai Wedi Awu di sarankan anda membawa bekal sendiri. meski ada warung yang tersedia namun penjual makanan di Pantai Wedi Awu hanya sedikit, dan satu hal jangan membuang sampah sembarangan di Pantai Wedi Awu, sehingga pantai ini tetap terjaga kebersihannya, untuk falilitas umum Pantai Wedi Awu cukup lengkap yang tersedia meski pantai ini tergolong masih baru.

Dari pusat kota Malang, dan akan memakan waktu kurang lebih 2,5-3 jam perjalanan, jalan menuju Pantai Wedi Awu lumayan baik tetapi agak sempit, berkelok-kelok serta naik turun bukit.

[details=Referensi]http://pantaimalang.com/rute-pantai-wedi-awu/
http://surabayanews.co.id/2016/06/15/64381/pesona-pantai-wedi-awu-malng-kini-jadi-incaran-wisatawan-mancanegara.html
http://travel.kompas.com/read/2016/06/13/205311427/pantai.wedi.awu.surga.selancar.pantai.malang.selatan[/details]

##Pantai Wedi Putih

Pantai Wedi Putih mempunyai pasir yang sangat putih dan bersih. Beberapa hewan laut akan menyapa anda jika anda snorkling di Pantai Wedi Putih, seperti ikan nemo, kuda laut dan masih banyak yang lainnya, apalagi didukung dengan letaknya pantai ini yang berada di sebuah teluk yang membuat perairan tenang dan nyaman untuk snorkling.

Pantai ini menjadi salah satu objek wisata spot snorkling yang baik di daerah Malang Selatan.

Sebenarnya Pantai Wedi Putih bersebelahan dengan Pantai Wedi Awu dan Pantai Pakisan hanya berbatasan dengan bukit. Namun kedua pantai ini memiliki keindahan sedikit berbeda hanya anda yang bisa menilai kedua pantai ini, yang pasti kedua pantai ini sangat mempesona, yang mempunyai pemandangan alam yang luar biasa indah.

Untuk menuju Pantai Wedi Putih, anda dapat menyewa perahu yang berada di Pantai Wedi Awu. Yang menjadi pintu pemberangkatan ke Pantai Wedi Putih, dan jika anda ingin tantangan dengan jalan kaki lah untuk menuju pantai ini, anda harus mempersiapkan kondisi anda dan perlengkapan yang anda butuhkan ketika perjalanan menuju Pantai Wedi Awu, medan yang cukup berat membuat tantangan tersendiri bagi jiwa petualang, dan semua itu akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang ada di Pantai Wedi Putih.

Rute : Malang kota-Gadang-Bululawang-Turen-Dampit-Tirtoyudo-Desa Purwodadi atau Dusun Balearjo.

Jarak : Dari pusat kota Malang sekitar 74 KM.

[details=Referensi]http://pantaimalang.com/pantai-wedi-putih-malang-yang-eksotis/
http://nulspounya456789.blogspot.co.id/2015/05/pantai-wedi-putih-malang.html
https://www.malang-guidance.com/pantai-wedi-putih-malang/[/details]

##Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia dan masuk wilayah Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Selain menyimpan potensi ikan beragam jenis seperti lobster, cumi-cumi, layur, cakalang, dan layar pemandangan pantai ini cukup menyejukkan mata. Memiliki hamparan pasir putih seluas satu kilometer melingkar dengan dikelilingi dua tebing yang cukup menghijau karena tumbuhan rindang. Bagi penghobi memancing, Pantai Lenggoksono menawarkan banyak tantangan. Selain tempatnya yang nyaman, ikannya juga banyak.

Tidak begitu jauh dari Pantai Lenggoksono, tepatnya di Teluk Kletekan terdapat sebuah air terjun yang berada di bibir pantai yang menjorok ke tengah laut. Untuk menuju air terjun yang oleh para nelayan disebut dengan Banyu Anjlok itu, wisatawan harus menempuh jalur laut. Kita bisa menyewa perahu jungkung nelayan untuk mengantarkan ke tempat itu. Tetapi kita harus ekstra hati-hati ketika mengarungi teluk menuju Banyu Anjlok ini karena ombaknya yang cukup besar. Perjalanan ke Banyu Anjlok membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Kondisi jalan dari Tangsi Tirtoyudo menuju Lenggoksono Purwodadi sangat mulus beraspal, hanya ruas jalan sangat sempit. Sepanjang 30 kilometer itu jalanan berkelok-kelok. Jalanan belokan tajam disertai menanjak dan menurun yang curam. Bahkan terdapat jurang curam di sisi kanan dan kiri jalan. Sekitar lima kilometer menjelang masuk Desa Purwodadi kondisi jalan mulai rusak, namun sejumlah jalan ada yang sudah dicor hingga ke bibir pantai.

Rute : Malang kota - Gadang - Bululawang - Turen - Dampit - Tirtoyudo - Desa Purwodadi atau Dusun Lenggoksono.

Jarak : Dari pusat kota Malang sekitar 68 KM.

##Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna disebut sebagai pantai terindah yang ada di Malang. Gradasi air laut serta pantainya yang sangat bersih dan natural adalah alasan utama kenapa pantai ini layak disebut pantai terindah di Malang

Namun, ada hal dasar yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung ke Pantai Tiga Warna. Pantai ini merupakan kawasan konservasi sehingga kita tidak bisa sembarang masuk. Butuh sedikit birokrasi untuk mengunjungi pantai cantik ini. Birokrasi tersebut diberlakukan demi menjaga ekosistem serta lingkungan yang ada di sekitar pantai.

Jauh-jauh hari sebelum berkunjung ke Pantai Tiga Warna kamu harus menghubungi pihak pengelola untuk melakukan reservasi. Jumlah maksimal dalam satu kelompok adalah 10 orang. Jumlah kunjungan ke Pantai Tiga Warna dibatasi setiap harinya yakni hanya 100 orang saja. Hal itu dilakukan sebagai upaya konservasi di kawasan Pantai Tiga Warna. Jika kamu datang ke Pantai Tiga Warna tanpa melakukan pemesananan, bersiaplah untuk kecewa. Pemesanan bisa dilakukan minimal 2 minggu sebelum kunjungan.

Pemesanan bisa dilakukan melalui telepon atau SMS ke nomor 081233339889

Rute : Malang kota - Gadang - Bululawang - Turen - Sumbermanjing Wetan - Sendang Biru - Desa Tambakrejo.

Jarak : Dari pusat kota Malang sekitar 73 KM.

[details=Referensi]http://www.yukpiknik.com/artikel/hal-yang-wajib-kamu-tahu-sebelum-ke-pantai-tiga-warna/
http://pantaimalang.com/pesona-pantai-tiga-warna-malang-yang-menawan/
http://www.brobali.com/2016/02/pantai-tiga-warna-yang-sangat-indah.html[/details]

##Pantai Gatra

Pantai Gatra merupakan pantai dengan pemandangan menawan yang berada didalam wilayah administratif dusun Sendang biru di Desa Sitiharjo, Sumbermanjing Wetan, Malang. Sesuai dengan peraturan desa telah disepakati dan ditetapkan bahwa kawasan ini dijadikan sebagai kawasan penyangga dengan status sebagai hutan lindung.

Pantai ini memiliki gelombang ombak yang tidak terlalu besar karena terhalang dengan pulau-pulau karang, sehigga membuat nyaman pengunjung berwisata di Pantai Gatra yang menawan ini, air laut jernih dan terlihat bebatuan karang yang ada di dasar laut menambah keeksotisan pantai ini.

Anda diperbolehkan camping dengan mendirikan tenda di Pantai Clungup dan Pantai Gatra dengan biaya sewa lahan dan izin camping, serta sewa tenda.

Rute : Malang kota - Gadang - Bululawang - Turen - Sumbermanjing Wetan - Sendang Biru - Desa Tambakrejo,(satu lokasi dengan Pantai Tiga Warna dan Pantai Clungup)

Jarak : Dari pusat kota Malang sekitar 73 KM.

[details=Referensi]https://destinasipada.blogspot.co.id/2015/12/pantai-gatra-paling-terjaga-malang.html
http://pantaimalang.com/pantai-gatra-malang-selatan-yang-eksotis/[/details]

##Pantai Goa Cina

image

Pantai Goa Cina merupakan pantai yang memiliki daya pikat tersendiri. Goa ini berada di Karang, sebelah kanan pantai yang memiliki jarak 50 meter. Ruangan di dalam goa lebar dan bagi yang berkunjung bisa melihat fenomena alam yang berada di Pantai ini.

Dulunya pantai Goa Cina memiliki nama Pantai Rowo Indah, tetapi karena terjadi peristiwa kematian seorang petapa yang berasal dari Cina puluhan tahun lalu, maka nama pantai disebut Pantai Goa Cina sampai saat ini.

Di pantai ini, bisa berkunjung dengan duduk di pinggir pantai ditemani es kelapa muda akan sangat menyegarkan, selain itu mengambil beberapa foto untuk stock foto agar bisa di post di instagram. Di pantai ini hawa nya sangat panas berbeda dengan pantai lain.

Salah satu keunikan pantai ini yaitu keindahan ombak liar pantai yang menghadap langsung di Samudera Hindia dan dipantai ini kamu bisa menikmati sunrise yang sangat indah.

Rute : Malang - Turen - Dampit dan Sumbermanjing - Pantai Goa Cina.

Jarak : 74,7 KM dari Kota Malang.